Yordania vs Korea, Saat Tim ‘Hijau’ Tantang ‘Zombie’

Dua tim terkuat di Grup E, Yordania dan Korea Selatan bermain imbang 2-2 pada pertandingan penting Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Sabtu (20/1).

Jakarta, CNN Indonesia

Yordania akan melawan Korea Selatan pada babak semifinal Piala Asia 2023 di Stadion Ahmad Bin Ali, Selasa (6/2) pukul 22.00 WIB.

Piala Asia 2023 (2024) jadi torehan sejarah bagi Yordania karena untuk pertama kalinya lolos ke semifinal dalam sejarah tim. Sebelumnya, The Chivalrous itu hanya mampu menembus perempat final dari empat keikutsertaan.

Melirik perjalanan dari awal fase grup hingga bisa menapak di semifinal, tim besutan Hussein Ammouta itu cukup meyakinkan. Meski lolos ke babak 16 besar sebagai tim peringkat ketiga terbaik, Yordania tidak rendah diri saat menghadapi tim yang di atas kertas punya kelas lebih tinggi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Saat menghadapi Irak di babak 16 besar, Yordania hampir mengubur asa untuk melaju lebih jauh karena tertinggal 1-2 hingga menjelang babak kedua berakhir. Namun mereka berhasil mencetak dua gol pada masa injury time sekaligus membalikkan keadaan.

Hal itu membuat Yordania punya kualitas untuk menghadapi tim besar. Meski faktanya, Yordania adalah satu-satunya tim di semifinal Piala Asia 2023 yang belum pernah juara pada turnamen tersebut.

Tiga tim lainnya yang lolos ke semifinal pernah mengangkat trofi prestisius itu di masa lalu. Korea Selatan pernah juara dua kali pada 1956 dan 1960.

Kemudian Iran juara pada 1968, 1972, dan 1976. Sedangkan Qatar sebagai tuan rumah adalah juara bertahan pada Piala Asia 2019.

Praktis Yordania terbilang tim paling hijau di semifinal Piala Asia 2023. Di saat yang sama, status itu dapat pula meringankan langkah Mahmoud Al Mardi dan kawan-kawan karena tak menanggung beban seberat tiga negara lain.

Beban yang relatif lebih ringan plus bekal kepercayaan diri saat melawan tim kuat dapat jadi dua faktor pendukung Yordania bisa menang lawan Korea. Terlebih mereka sudah pernah bertemu dengan Korea Selatan di babak penyisihan Grup E.

Dalam laga itu, Yordania hampir menang 2-1 sebelum Korea Selatan menyeimbangkan kedudukan di injury time. Berkaca dari sini, sudah seharusnya Korea Selatan berhati-hati dengan Yordania.

Baca lanjutan artikel ini di halaman selanjutnya>>>




Sumber: www.cnnindonesia.com