Yordania ke Final Usai Hajar Korea 2-0

Timnas Yordania lolos ke babak final Piala Asia 2023 usai tampil mengejutkan dengan mengalahkan calon juara Korea Selatan 2-0 di babak semifinal, Selasa (6/2).


Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Yordania lolos ke babak final Piala Asia 2023 usai tampil mengejutkan dengan mengalahkan calon juara Korea Selatan 2-0 pada babak semifinal di Stadion Ahmad bin Ali, Selasa (6/2).

Yordania tampil impresif dengan terus menyerang Korea Selatan di babak pertama. Beruntung bagi Korea, kiper Jo Hyeon Woo tampil bagus menjaga gawang.

Pada babak kedua Korea menaikkan garis pertahanan lebih tinggi. Posisi itu membuat Korea mengontrol penuh permainan dan penguasaan bola.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Akan tetapi, permainan dari kaki ke kaki yang diperagakan Son Heung Min dan kawan-kawan belum bia membongkar pertahanan Yordania.

Alih-alih mencetak gol lebih dulu, Korea dikejutkan dengan gol Yordania pada menit ke-53. Gol itu bermula dari kesalahan gelandang Park Yong Woo dalam mengoper.

Park Yong Woo mencoba mengoper bola ke bek Kim Young Gwon. Akan tetapi aliran bola yang tidak kencang membuat Mousa Tamari bisa melakukan intersep.

Setelah sedikit menggiring bola, Tamari memberikan umpan terobosan kepada Yazan Al Naimat yang bergerak diagonal dari kiri ke kanan. Saat berhadapan dengan kiper Jo Hyeon Woo, Yazan mengcungkil bola masuk ke gawang Korea.

Pada menit ke-60 Korea mencoba membalas. Hanya saja sundulan Cho Gue Sung yang memanfaatkan sepak pojok Lee Kang In masih belum mengarah ke gawang Yordania.

Pertahanan Korea terlihat cukup rapuh dalam pertandingan kali ini. 13 menit setelah gol pertama, Yordania menambah keunggulan jadi 2-0 pada menit ke-66 melalui sepakan Mousa Tamari.

Tamari menggiring bola dari tengah sendirian. Meski sejumlah pemain Korea membayangi, namun aksi Tamari sulit dihentikan. Saat di depan kotak penalti Tamari melepaskan tendangan placing kaki kiri mengarahkan bola ke pojok kanan bawah gawang Korea.

Kiper Jo Hyeon Woo coba menggagalkan percobaan gol itu, namun upayanya tidak sampai. Bola masuk ke gawang Korea, Yordania unggul 2-0.

Korea terus mencoba mencetak gol balasan. Akan tetapi pertahanan Yordania yang bermain lepas dalam pertandingan ini tampil cukup solid.

Striker pengganti Cho Gue Sung terjatuh di kotak penalti Yordania pada menit ke-88. Namun wasit menganggapnya diving dan memberikan kartu kuning.

Upaya keras Korea mencetak gol tidak juga membuahkan hasil. Tanpa tambahan gol pada sisa laga, Yordania menang 2-0 dan lolos ke final Piala Asia 2023 untuk kali pertama.

Susunan Pemain Yordania vs Korea:

Yordania: Yazeed Abulaila; Abdallah Nasib, Yazan Al Arab, Bara’a Marie; Ehsan Haddad, Nizar Al Rashdan, Noor Al Rawabdah, Mohammad Abu Hasheeh; Mousa Tamari, Yazan Al Naimat, Mahmoud Al Mardi.

Korea Selatan: Jo Hyeon Woo; Kim Tae Hwan, Jung Seung hyun, Kim Young Gwon, Seol Young Woo; Lee Jae Sung, Park Yong Woo, Hwang In Beom; Lee Kang In, Song Heung Min, Hwang He Chan.

[Gambas:Video CNN]

(sry/jal)



Sumber: www.cnnindonesia.com