Yordania Cetak Sejarah Piala Asia 2023 usai Singkirkan Tajiskistan

Yordania mencetak sejarah manis di Piala Asia 2023 (2024) dengan mencapai babak semifinal turnamen ini untuk pertama kalinya.


Jakarta, CNN Indonesia

Yordania mencetak sejarah manis di Piala Asia 2023 (2024) dengan mencapai babak semifinal turnamen ini untuk pertama kalinya.

Sejarah manis itu tercipta setelah Yordania menaklukkan kuda hitam Tajikistan. Dalam pertandingan di Stadion Ahmad bin Ali, Doha dengan skor 1-0, Jumat (2/2).

Satu-satunya gol Yordania tercipta dari kepala pemain Tajikistan, Vahdat Hanonov. Berupaya membuang bola situasi sepak pojok, Hanonov malah membuat bola masuk ke gawang sendiri.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada babak semifinal Yordania akan berhadapan dengan pemenang laga antara Australia kontra Korea Selatan. Laga ini akan berlangsung pada Jumat (2/2) waktu Qatar.

Mencapai semifinal menjadi pencapaian terbaik Yordania di Piala Asia. Sejak pertama kali tampil pada 2004, pencapaian terbaik mereka adalah lolos ke delapan besar.

Itu tercipta pada edisi 2004 dan 2011. Setelah itu pada edisi 2015 tak lolos babak grup, sedangkan pada edisi terakhir pada 2019 terhenti pada babak 16 besar.

Sebagai tim berperingkat FIFA ke-87, pencapaian ini terbilang istimewa. Biasanya tim-tim yang masuk babak semifinal adalah peringkat 50 besar dunia.

Sejauh ini, dari lima pertandingan Piala Asia 2023, Yordania mengoleksi 10 gol dan lima kali kebobolan. Bukan statistik yang impresif, tetapi bisa menciptakan sejarah.

Yordania mengawali kiprah di Piala Asia dengan melumat Malaysia 4-0. Setelah itu skuad berjuluk The Chivalrous menahan imbang Korea Selatan 2-2. Pada laga terakhir di fase grup Yordania kalah 0-1 dari Bahrain. 

Langkah Yordania selanjutnya cukup heroik karena mengalahkan Irak di masa injury time. Sempat unggul 1-0, Yordania tertinggal 1-2 hingga pertengahan babak kedua. Setelah Irak bermain dengan 10 orang pemain, Yordania mencoba bangkit dan bisa mencetak dua gol pada menit-menit akhir pertandingan untuk mendapatkan tiket ke perempat final dan kemudian bertemu Tajikistan.

[Gambas:Video CNN]

(abs/nva)




Sumber: www.cnnindonesia.com