VAR Liga 1 Dipakai Serentak Mulai Pekan ke-24

Anggota Komite Wasit PSSI, Jimmy Napitupulu dan Purwanto, buka-bukaan soal rencana penggunaan video assistant referee (VAR) di Liga 1 2023/2024.


Jakarta, CNN Indonesia

Public Relation PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sabina Katya menyampaikan Video Assistant Referee (VAR) di Liga 1 akan mulai digunakan serentak pada pekan ke-24.

Pekan ke-24 Liga 1 dijadwalkan bergulir setelah jeda panjang yang bertepatan dengan Piala Asia, atau tepatnya pada 4-6 Februari.

Hal tersebut ia sampaikan saat ditanya apakah VAR sudah bisa dipakai pada pekan ke-24 Liga 1.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Masih sesuai jadwal, serentak semua pertandingan yang akan menggunakan VAR. Sudah [bisa dipakai di pekan ke-24],” kata Sabina, Senin (8/1) sore.

Sebelum dipakai serentak, PT LIB bakal melakukan uji coba VAR di seluruh stadion dalam waktu dekat. Ia menyebut sudah ada empat stadion yang telah melakukan uji coba VAR.

“Sebelum implementasi Februari, memang kami akan trial dan uji coba di setiap lapangan. Sebenarnya ada lebih dari empat stadion tapi yang kami yakin ada empat stadion yang sudah kami jalankan,” ucapnya.

Lebih lanjut Sabina mengatakan, nantinya wasit lokal yang bakal menjalankan implementasi VAR. Kendati begitu, PT LIB bakal melakukan evaluasi dan mempertimbangkan penggunaan wasit asing.

“Untuk wasit asing, kami melihat perkembangan. Kalau misalnya VAR berjalan dengan baik sepertinya kami tidak memakai wasit asing lagi. Tapi masih dilihat perkembangannya,”

PT LIB bekerjasama dengan Hawk-Eye Innovations sebagai vendor rekanan FIFA untuk menyediakan VAR Liga 1. Kedua pihak sepakat dengan kontrak selama empat edisi hingga musim 2027/2028.

Anggaran VAR Liga 1 mencapai Rp100 miliar. Dana tersebut sudah mencakup seluruh pengadaan VAR di Liga 1 mulai dari alat yang dipakai hingga infrastruktur penunjang.

[Gambas:Video CNN]

(ikw/nva)



Sumber: www.cnnindonesia.com