Tsutomu Ogura, Eks Asisten Pelatih Tokyo Verdy yang Direkrut Singapura

Federasi Sepak Bola Singapura (FAS) resmi mengumumkan nama juru taktik asal Jepang, Tsutomu Ogura sebagai pelatih baru timnas Singapura pada Kamis (1/2).


Jakarta, CNN Indonesia

Federasi Sepak Bola Singapura (FAS) resmi mengumumkan nama juru taktik asal Jepang, Tsutomu Ogura sebagai pelatih baru timnas Singapura pada Kamis (1/2).

Ogura pernah jadi bagian dari Tokyo Verdy, tim yang sempat dibela pemain Timnas Indonesia Pratama Arhan. Jabatan terakhirnya merupakan asisten pelatih klub yang baru promosi ke J-1 League atau kasta tertinggi sepak bola Jepang dari J-2 League.

Tokyo Verdy merekrut Ogura sebagai asisten pelatih pada Juni 2022 atau empat bulan setelah Pratama Arhan bergabung di tim itu pada Februari 2022.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ogura mengawali karier kepelatihan sebagai asisten di JEF United Ichihara pada 1996 hingga 2005. Pelatih kelahiran 18 Juli 1966 itu kemudian jadi asisten pelatih timnas Jepang pada 2006 dan 2012.

Selepas Olimpiade 2012 London, Ogura jadi asisten pelatih Omiya Ardija. Semusim berselang ia jadi pelatih utama klub tersebut pada 2013 hingga 2014 di kasta ketiga Liga Jepang atau J-3 League.

Lalu giliran klub J-2 League Ventforet Kofu pada 2014 sampai 2015. Kemudian ia pindah lagi ke JEF United hingga 2016.

Klub J-1 League Yokohama F Marinos akhirnya melirik Ogura dan menjadikannya sebagai Direktur Olahraga. Ia memegang jabatan itu pada 2018 sampai 2022 sebelum direkrut oleh Tokyo Verdy.

Seiring dengan masa jabatan yang berakhir pada Januari 2024, Ogura menerima tawaran FAS untuk bertanggungjawab terhadap timnas Singapura.

Ogura menggantikan Takayuki Nishigaya yang dipecat karena gagal memenuhi ekspektasi meski tak sampai dua tahun menakhodai tim. Singapura akhirnya kembali menaruh kepercayaan pada pelatih Jepang untuk memperbaiki catatan tim.

[Gambas:Video CNN]

(ikw/jun)



Sumber: www.cnnindonesia.com