Troussier Murka Satu Blunder Vietnam Beri Indonesia Kemenangan

Pelatih Vietnam Philippe Troussier menyebut kekalahan dari Indonesia disebabkan satu kesalahan kecil di kotak penalti hingga timnya tersingkir dari Piala Asia.


Jakarta, CNN Indonesia

Pelatih Vietnam Philippe Troussier menyebut kekalahan dari Timnas Indonesia disebabkan satu kesalahan kecil di kotak penalti hingga timnya tersingkir dari Piala Asia 2023.

Vietnam dikalahkan Indonesia 0-1 dalam laga Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat (19/1). Gol tunggal kemenangan Indonesia dicetak Asnawi Mangkualam lewat titik penalti pada menit ke-42.

Troussier memuji kualitas Timnas Indonesia yang jauh berbeda dari pertemuan kedua tim sebelumnya. Namun, pelatih asal Prancis itu kecewa hasil pertandingan harus ditentukan lewat satu kesalahan bek Nguyen Thanh Binh.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Saya kecewa dengan kekalahan ini. Ini pertandingan yang bagus, pertandingan berkualitas. Hasil pertandingan ditentukan lewat situasi penalti, kesalahan kecil di area penalti. Ini adalah kesalahan kecil yang mempengaruhi tim,” ujar Troussier dikutip dari Soha.

Pelanggaran Nguyen Thanh Binh terhadap Rafael Struick pada menit ke-40 membuat wasit Sadullo Gulmurodi asal Tajikistan memberi penalti untuk Indonesia. Asnawi yang menjadi eksekutor penalti kemudian menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Troussier mengakui permainan lini belakang Vietnam sempat bermasalah di babak pertama melawan Indonesia. Namun, semuanya berubah di babak kedua.

Mantan pelatih timnas Jepang itu juga enggan menyalahkan Thanh Binh yang melakukan kesalahan hingga Timnas Indonesia mencetak gol kemenangan.

“Thanh Binh dan [Bui Hoang] Viet Anh saat jeda babak pertama dan bicara dengan mereka mengenai bagaimana mengatasi situasi. Tentunya di babak kedua mereka bermain lebih baik. Usai laga saya juga bicara dengan Thanh Binh,” ucap Troussier.

“Saya tidak menyalahkan Thanh Binh atau Viet Anh, karena mereka bermain bagus di hampir seluruh pertandingan. Tapi dalam sepak bola tidak ada yang sempurna. Saya selalu bangga dengan pemain saya. Meski kami kalah, kami tidak pernah menyerah dan berusaha hingga detik terakhir,” kata Troussier menambahkan.

[Gambas:Video CNN]

(har)




Sumber: www.cnnindonesia.com