Timnas Indonesia vs Libya Dua Kali di Turki, Batal Lawan Iran?

Timnas Indonesia untuk kali pertama latihan dengan skuad lengkap di Basra jelang melawan timnas Irak pada Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Jakarta, CNN Indonesia

Ketua Badan Tim Nasional (BTN) PSSI Sumardji memastikan Timnas Indonesia dua kali melakukan uji coba dengan Libya di Turki sebelum Piala Asia 2023 (2024).

“Sudah [dapat lawan uji coba]. Lawan Libya dua kali,” kata Sumardji di Gedung Nusantara I DPR RI, Senayan, selepas rapat dengan Komisi III pada Senin (4/12) sore.

Mengenai uji coba melawan Iran, Sumardji tak berterus terang. Pria yang juga anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI ini hanya menggelengkan kepala ketika ditanya soal uji coba lawan Iran yang dikabarkan batal.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pertandingan uji coba Indonesia melawan Libya akan berlangsung di Turki. Rencananya skuad Timnas Indonesia akan melakukan pemusatan latihan di Turki mulai 20 Desember.

Pemusatan latihan ini dilakukan untuk persiapan Indonesia tampil dalam ajang Piala Asia 2023. Ajang ini akan berlangsung di Qatar mulai 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Di Piala Asia 2023 Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. Secara peringkat FIFA, Indonesia adalah tim dengan ranking terendah di Grup D.

Untuk menambah kekuatan tim di Piala Asia 2023 ini PSSI dibantu Kemenpora mengebut proses naturalisasi Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes. Naturalisasi keduanya sudah disetujui Komisi X dan III DPR RI pada Senin (4/12).

Berikutnya proses naturalisasi kedua pemain ini akan dibawa ke Rapat Paripurna DPR RI pada Selasa (5/12) untuk diputuskan. Setelah itu diserahkan ke Presiden Joko Widodo untuk dikeluarkan keputusan presiden.

Dari situ akan dilakukan pengambilan sumpah menjadi warga negara Indonesia (WNI) sekaligus pembuatan kartu tanda penduduk dan paspor. Berikutnya didaftarkan ke FIFA.

Perpindahan asosiasi dari federasi awal pemain ke PSSI akan menjadi kunci pemain bisa tampil di Piala Asia 2023 atau tidak. Soal ini Sumardji yakin bisa diupayakan dengan cepat.

“Jadi Piala Asia itu kita akan mulai pemusatan latihan tanggal 20 [Desember], langsung ke Turki. Jadi saya yakin, optimistis bisa dapat [dikejar],” kata Sumardji menjelaskan.

[Gambas:Video CNN]

(rhr)



Sumber: www.cnnindonesia.com