Timnas Indonesia U-20 TC di Qatar untuk Piala Dunia U-20 2025

Timnas Indonesia U-22 hampir pasti jadi juara grup A. Karena itu menarik melihat pertimbangan Indra Sjafri jelang duel lawan Kamboja.


Jakarta, CNN Indonesia

PSSI memastikan bakal menggelar pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-20 di Qatar mulai Jumat (22/12) untuk persiapan lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2025 di Chile.

Sebelum ke Qatar, rencananya Timnas Indonesia U-20 akan berlatih di Jakarta pada Rabu (20/12) dan Kamis (21/12).

Pada Jumat (22/12) tim yang diasuh Indra Sjafri ini baru memulai pemusatan latihan di Qatar.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ketua Badan Tim Nasional (BTN) PSSI Sumardji menyebut tim akan dikumpulkan mulai hari ini, Rabu (20/12).

Ia menyebut untuk nama-nama yang dipanggil Timnas Indonesia U-20 akan segera diumumkan secara resmi di laman federasi.

“TC perdana persiapan ‘Road to World Cup U-20’ di Chile. TC di Jakarta dan Qatar. TC di Jakarta pada 20 sampai 22 Desember, terus 22 Desember hingga 3 Januari 2024 di Qatar,” kata Sumardji.

Ini terbilang anomali bagi PSSI. Biasanya persiapan menuju Piala Dunia kategori usia dilakukan secara bertahap. Ini menyesuaikan dengan agenda tahunan di AFF dan AFC sebagai ajang kualifikasi atau pemanasan.

Tahun depan misalnya akan berlangsung Piala AFF U-19 2024. Ajang ini kabarnya akan berlangsung di Indonesia. Hanya saja PSSI belum memberi keterangan resmi terkait hal tersebut.

Untuk persiapan tampil di level AFF, pemusatan latihan dominan berlangsung di dalam negeri. Ini karena lawan hanya level ASEAN. Jika keluar negeri biasanya hanya untuk mencari lawan uji coba.

Beberapa bulan setelah Piala AFF U-19 2024, akan berlangsung Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Kualifikasi ini biasanya dilakukan dengan sistem grup di satu lokasi.

Persiapan tampil di kejuaraan level Asia biasanya lebih matang. Jika waktu memungkinkan pemusatan latihan dilakukan di negara yang suhu dan cuacanya tak berbeda dengan tuan rumah.

Jika lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2025, kans tampil di Piala Dunia U-20 akan terbuka. Namun untuk bisa mendapat tiket ke putaran final minimal masuk babak semifinal Piala Asia U-20 2025.

Biasanya, PSSI juga menggelar seleksi untuk pemain U-20 serta kategori usia lainnya. Hampir tidak pernah PSSI menggelar pemusatan latihan di luar negeri untuk latihan perdana tim.

[Gambas:Video CNN]

(ikw/rhr)



Sumber: www.cnnindonesia.com