Tekuk Hong Kong 1-0, Iran Lolos ke 16 Besar

Timnas Iran lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 usai kalahkan Hong Kong 1-0 dalam laga Grup C di Stadion Internasional Khalifa, Sabtu (20/1) dini hari WIB.


Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Iran lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 usai kalahkan Hong Kong 1-0 dalam laga Grup C di Stadion Internasional Khalifa, Sabtu (20/1) dini hari WIB.

Meski tidak diunggulkan, Hong Kong bisa memberikan ancaman kepada Iran. Pada menit ke-11 tendangan Matt Or akibat blunder pemain belakang Iran yang salah membuang bola ditangkap kiper Alireza Beiranvand.

Iran membalas serangan Hong Kong empat menit berselang. Tendangan lob Saman Ghoddos pada menit ke-15 melenceng tipis dari mistar gawang Hong Kong.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Winger Hong Kong Everton Camargo memiliki peluang emas cetak gol saat satu lawan satu dengan kiper Alireza pada menit ke-16. Tetapi Everton terlalu lama memegang bola. Akhirnya ruang tembak Everton ditutup kiper, tendangan kaki kirinya melayang di atas gawang Iran.

Pada pertengahan babak pertama Iran mulai memberikan ancaman serius kepada Hong Kong. Ramin Rezaeian memberikan umpan silang dari sisi kanan, Shahriar Moghanlou yang dituju menyambut dengan sundulan, tetapi bola menyamping di sisi kanan gawang Hong Kong pada menit ke-23.

Iran akhirnya unggul lebih dulu pada menit ke-24 melalui penempatan bola Mehdi Ghayedi. Ghayedi mendapatkan umpan terobosan dari Milad Mohammadi, lalu dengan kaki kanan mengirim bola ke pojok kiri bawah gawang Hong Kong. 

[Gambas:Video CNN]

Kiper Hong Kong Yapp Hung Fai buat penyelamatan gemilang setelah menepis sundulan Moghanlou yang lebih dulu memantul ke rumput pada menit ke-43.

Permainan Iran di babak kedua sedikit mengendur. Kesempatan itu dimanfaatkan Hong Kong dalam melakukan serangan balik.

Akan tetapi, pengalaman Irak juara Piala Asia dan rutin tampil di Piala Dunia masih sulit ditandingi Hong Kong.

Iran yang bermain sedikit santai tanpa kesulitan membendung setiap serangan lawan. Menjaga stamina pada pertandingan ini penting bagi Iran yang akan melakoni laga penentuan juara Grup C lawan Uni Emirat Arab, Selasa (23/1).

Iran menguasai penuh jalannya permainan dengan penguasaan bola mencapai 63 berbanding 37 persen. Meski demikian tim asuhan Amir Ghalenoei ini kesulitan mencetak gol tambahan.

Pada menit ke-83 Ramin Razaeian punya peluang emas di kotak penalti. Tetapi tendangan kaki kanannya usai menerima umpan silang Saman Ghoddos masih menyamping di sisi kiri gawang Hong Kong.

Tanpa tambahan gol pada sisa laga, Iran menang 1-0 atas Hong Kong. Kemenangan tersebut meloloskan Iran ke babak 16 besar Piala Asia 2023 usai meraih dua kemenangan.

(sry)




Sumber: www.cnnindonesia.com