Tajikistan, Kuda Hitam Piala Asia yang Tak Bisa Diejek Lagi

Enam negara sudah memastikan diri lolos 16 besar Piala Asia 2023 hingga Selasa (23/1) dini hari WIB. Berikut daftar enam negara lolos 16 besar Piala Asia 2023.


Jakarta, CNN Indonesia

Pelatih Tajikistan Petar Segrt menyebut tidak ada lagi pihak yang mengejek timnya setelah lolos ke babak perempat final Piala Asia 2023 (2024).

Tajikistan adalah satu-satunya tim debutan di Piala Asia 2023. Status itu sekaligus membuat tim asal Asia Tengah tersebut jadi Kuda Hitam di panggung tertinggi Asia.

“Kami siap melanjutkan mimpi. Kami menjalani momen ini dan berusaha mengerahkan kemampuan terbaik untuk melawan Yordania [di babak perempat final],” kata Segrt dikutip dari Reuters, Kamis (1/2).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Semua orang menertawakan saya tapi saya percaya dengan mimpi. Ada 50-50 kesempatan kami bisa menang,” ujarnya menambahkan.

Meski baru pertama kali ikut Piala Asia 2023, Tajikistan lolos ke babak 16 besar sebagai runner up Grup A berkat satu kemenangan, satu hasil imbang dan satu kali kalah.

Di babak 16 besar, Tajikistan berhasil menyingkirkan Uni Emirat Arab lewat drama adu penalti. Lolos ke babak delapan besar membuat Tajikistan mencatat sejarah tersendiri bagi sepak bola mereka.

“Kami tidak akan senang hanya dengan memainkan pertandingan yang baik. Kami berkesempatan melaju ke semifinal, kami percaya diri. Kami merasa sudah memenangkan Piala Asia dua kali, kami merayakan layaknya tim juara ketika mengalahkan Lebanon dan UEA,” ujarnya.

“Tajikistan adalah kuda hitam di turnamen ini dan kuda hitam ini masih melaju. Semua orang tertawa ketika mendengar kami punya mimpi untuk melaju ke fase gugur dan perempat final. Tapi sekarang tidak ada yang tertawa sekarang,” kata dia melanjutkan.

Lebih lanjut, mantan pelatih PSM Makassar itu juga menyebut federasi sepak bola Tajikistan bakal mendatangkan keluarga pemain untuk ikut mendukung langsung di Qatar. Ia menyebut hal itu dapat meningkatkan motivasi kepada pemain.

“Itu bakal memberi kami energi tambahan dan kekuatan untuk berjuang,” ucapnya.

Pertandingan perempat final Piala Asia 2023 antara Tajikistan vs Yordania akan berlangsung di Stadion Ahmad bin Ali pada Jumat (2/1) mendatang pukul 18.30 WIB.

[Gambas:Video CNN]

(ikw/jun)




Sumber: www.cnnindonesia.com