Syarat Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia Usai Hajar Vietnam

Timnas Indonesia membuka peluang lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 usai mengalahkan Vietnam. Berikut syarat Indonesia lolos ke babak 16 besar.


Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia membuka peluang lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 usai mengalahkan Vietnam. Berikut syarat Indonesia lolos ke babak 16 besar.

Timnas Indonesia menang dengan skor 1-0 atas Vietnam pada matchday kedua Grup D di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat (19/1), berkat gol tendangan penalti Asnawi Mangkualam.

Hasil positif ini membuat Timnas Indonesia nangkring di peringkat ketiga klasemen dengan koleksi tiga poin. Indonesia memiliki poin yang sama dengan Jepang tetapi kalah selisih gol dan posisi pertama ditempati Irak yang sudah memastikan lolos ke babak gugur.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Timnas Indonesia akan bersua Jepang pada laga pemungkas Grup D, Rabu (24/1) mendatang. Hasil pertandingan ini akan menentukan bisa atau tidaknya tim asuhan Shin Tae Yong mencetak sejarah lolos ke babak 16 besar untuk pertama kalinya.

Asnawi dan kawan-kawan bisa dipastikan akan mendampingi Irak jika mampu mengalahkan Jepang dengan skor berapapun. Ini karena kemenangan akan membuat Timnas Indonesia mengoleksi enam poin dari tiga pertandingan.

Jumlah poin ini akan membuat Timnas Indonesia finis sebagai runner-up Grup D. Irak sudah dipastikan menjadi juara Grup D usai tim berjuluk Lions of Mesopotamia menang atas Jepang dan Indonesia berkat keunggulan head to head.

Jika hasil pertandingan kontra Jepang berakhir imbang, maka Timnas Indonesia akan finis di peringkat ketiga Grup D. Hal ini dikarenakan tim Garuda kalah selisih gol dari Jepang yang akan finis di posisi kedua.

Selain itu Jepang saat ini memiliki surplus satu gol karena mencetak lima gol dan kebobolan empat gol. Sedangkan Timnas Indonesia baru mencetak dua gol dan kebobolan tiga gol.

Namun demikian, torehan empat poin itu membuat kans Timnas Indonesia lolos ke fase selanjutnya cukup terbuka. Meskipun terdapat potensi tiga tim peringkat ketiga terbaik dari Grup A sampai C juga membukukan empat poin.

Kekalahan dari Jepang juga tidak otomatis membuat Timnas Indonesia tersingkir. Dengan koleksi tiga poin di posisi ketiga, Timnas Indonesia masih punya peluang lolos tetapi bergantung dengan perhitungan poin dengan lima tim lain yang menempati posisi ketiga klasemen di babak penyisihan grup Piala Asia 2023.

[Gambas:Video CNN]

(jal/har)




Sumber: www.cnnindonesia.com