Susunan Pemain Timnas Indonesia Jika Full Naturalisasi

Rafael Struick menampilkan performa yang apik dan tidak canggung dalam laga debut membela Timnas Indonesia.


Jakarta, CNN Indonesia

Proyek naturalisasi PSSI terus digencarkan sehingga terbuka peluang susunan pemain Timnas Indonesia seluruhnya diaspora. Berikut susunan pemain Timnas Indonesia jika full naturalisasi.

Selama 2023 ada enam pemain yang sudah dinaturalisasi PSSI. Mereka itu Jordi Amat, Sandy Walsh, Ivar Jenner, Rafael Struick, Shayne Pattynama, dan terbaru Justin Hubner.

Segera menyusul akan disumpah menjadi warga negara Indonesia (WNI), Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On. Proses naturalisasi keduanya sudah disetujui oleh Presiden Joko Widodo.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tak berhenti sampai di situ, ada beberapa nama yang bakal dinaturalisasi lagi. Salah satunya, yang sudah datang ke Indonesia, adalah Ragnar Oratmangoen.

Jika tiga nama terakhir selesai prosesnya, total pemain naturalisasi selama era Shin Tae Yong adalah sembilan. Ini jumlah terbanyak dibanding era-era sebelumnya.

Dari naturalisasi sebelumnya, ada beberapa nama yang masih rutin membela Timnas. Mereka itu adalah Marc Klok yang kini membela Persib dan Stefano Lilipaly di Borneo FC.

Dengan demikian, tinggal satu posisi saja yang hingga kini belum ada pemain naturalisasinya, yaitu kiper. Namun ada isu Emil Audero Mulyadi akan dinaturalisasi juga.

Berdasarkan fakta itu, kemungkinan susunan pemain Timnas Indonesia bisa diisi pemain naturalisasi. Namun Ernando Ari atau Nadeo Argawinata bisa tetap jadi pilihan utama.

Untuk posisi bertahan, Jay Idzes, Jordi Amat, dan Justin Hubner bisa menjadi pilihan. Kemudian ada Sandy Walsh dan Shayne Pattynama untuk mengisi pos bek sayap.

Selanjutnya untuk lini tengah bisa diisi Marc Klok dan Ivar Jenner. Adapun lini depan bisa ditempati Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick, dan Nathan Tjoe-A-On.

Susunan Pemain Timnas Indonesia dengan Dominasi Pemain Naturalisasi:

Ernando Ari Sutaryadi (PG); Jay Idzes, Jordi Amat, Justin Hubner; Sandy Walsh, Marc Klok, Ivar Jenner, Shayne Pattynama; Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick, Nathan Tjoe-A-On.

[Gambas:Video CNN]

(abs/ptr)



Sumber: www.cnnindonesia.com