STY Bawa 30 Pemain di TC Turki Jelang Piala Asia, Justin Hubner Ikut

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong terlihat antusias menyaksikan langsung FIBA World Cup 2023 di Indonesia Arena, Selasa (29/8) malam.


Jakarta, CNN Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong menyebut bakal membawa 30 pemain untuk menjalani pemusatan latihan (TC) di Turki jelang Piala Asia 2023 (2024), termasuk pemain yang baru dinaturalisasi Justin Hubner.

“Kira-kira 30 pemain yang dibawa ke Turki. Setidaknya tanggal 1 Januari selambat-lambatnya semua pemain akan bergabung. Justin bisa dibawa,” kata Shin, Kamis (14/12).

Justin Hubner baru menyelesaikan proses naturalisasi setelah resmi jadi WNI dan bisa didaftarkan ke Piala Asia 2023. Namun untuk bisa bertanding, pemain Wolverhampton Wanderers itu harus menunggu proses perpindahan federasi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain Justin Hubner, ada dua pemain lainnya yang sedang dalam proses naturalisasi. Mereka adalah Jay Idzes dan Nathan Tjoe A On. Namun kedua sosok itu belum mendapat jadwal pengambilan sumpah setia WNI meski telah mengantongi izin presiden melalui Keppres.

“Belum tahu [soal Nathan dan Jay] nanti bagaimana, tapi sedang dalam proses,” ujar Shin Tae Yong.

“Memang sebagai tambahan yang pasti itu Justin [Hubner]. Mungkin, selain itu ada beberapa pemain yang ditambah atau datang pasti skuadnya lebih baik,” ia menambahkan.

Rencananya, TC Timnas Indonesia di Turki akan dimulai pada 20 Desember mendatang. Skuad Garuda bakal berlatih di sana selama kurang lebih dua pekan dan menjalani dua laga uji coba.

Yang pertama akan melawan Libya pada 2 Januari 2024, kemudian menghadapi lawan yang sama pada 5 Januri. Selanjutnya pertandingan ketiga bakal menghadapi Iran pada 9 Januari di Qatar.

Setelah melakukan uji coba, Timnas Indonesia bakal memulai perjuangan di Piala Asia 2023 yang akan berlangsung di Qatar, 12 Januari hingga 10 Februari mendatang.

Timnas Indonesia berada di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. Laga pertama Indonesia akan melawan Irak pada 15 Januari, lalu menghadapi Vietnam pada 19 Januari, kemudian bertemu Jepang (24 Januari).

[Gambas:Video CNN]

(ikw/jal)



Sumber: www.cnnindonesia.com