Statistik Indonesia vs Irak, Lawan Jauh Lebih Dominan

Merujuk statistik resmi AFC, Irak memang pantas meraih kemenangan atas Indonesia di Piala Asia 2023 karena unggul di berbagai lini.


Jakarta, CNN Indonesia

Akun Instagram resmi Timnas Indonesia mengunggah statistik Indonesia vs Irak pada laga perdana Grup D Piala Asia 2023, Senin (15/1) lalu.

Dalam catatan Timnas Indonesia, lawan jauh lebih dominan dalam pertandingan yang berakhir 3-1 untuk kemenangan Irak. Pasukan Singa Mesopotamia unggul di atas kertas lawan skuad Garuda.

Dari segi penguasaan bola, Irak mencatat 65,4 persen sedangkan Indonesia 34,6 persen. Angka ini berbanding lurus dengan jumlah tembakan yang dilesakkan Irak.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tim asuhan Jesus Casas Garcia itu membukukan 15 kali tendangan yang lima di antaranya tepat sasaran. Sementara kubu besutan Shin Tae Yong menorehkan delapan tembakan dengan satu yang on target.

Jumlah umpan yang dicatat Irak juga lebih banyak dengan 594 kali beserta tingkat akurasi mencapai 85 persen. Lalu Indonesia mencatat 315 operan dengan 70 persen akurasi.

Di atas kertas Timnas Indonesia tampil lebih agresif. Ini terlihat dari jumlah pelanggaran mencapai 13 kali dengan Irak yang mencatat empat kali melanggar.

Dari segi kartu kuning, Indonesia juga mendapatkan dua kartu (Elkan Baggott dan Marc Klok) sedangkan Irak tanpa kartu kuning dalam pertandingan ini.

[Gambas:Instagram]

Agresivitas Timnas Indonesia juga ditunjukkan oleh statistik Lapang Bola. Jumlah intersep skuad Garuda (23) lebih banyak dari Irak (13). Begitu juga jumlah tekel Timnas Indonesia (17) dibandingkan Irak (11).

Kekalahan 1-3 membuat Indonesia berada di dasar klasemen sementara Grup E dengan poin nol. Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan kalah produktivitas gol dari Vietnam yang kalah 2-4 dari Jepang pada pertandingan lainnya.

[Gambas:Video CNN]

(ikw/jun)




Sumber: www.cnnindonesia.com