Situasi Grup A Piala Asia yang Bisa Untungkan Timnas Indonesia

Timnas Indonesia membuka peluang lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 usai mengalahkan Vietnam. Berikut syarat Indonesia lolos ke babak 16 besar.


Jakarta, CNN Indonesia

Grup A Piala Asia akan memainkan laga terakhirnya hari Senin (22/1). Berikut situasi yang akan membuat Timnas Indonesia meraih keuntungan.

Dari persaingan di grup A, Qatar jadi tim yang telah lolos. Qatar memiliki enam poin hasil dua kemenangan dalam dua laga yang telah dilalui.

Di posisi kedua terdapat China dengan torehan dua poin disusul Tajikistan dan Lebanon yang sama-sama punya satu poin. Ketiga tim ini sendiri sama-sama belum mencetak gol.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada laga terakhir, Qatar akan menghadapi China. Sedangkan Lebanon bakal bertarung melawan Tajikistan.

Timnas Indonesia juga punya kepentingan terhadap persaingan di grup A. Timnas Indonesia punya kesempatan untuk lebih dulu memastikan tiket 16 besar di tangan sebelum duel Indonesia vs Jepang. Syaratnya, ada dua tim peringkat tiga dari tiga grup yang lebih dulu memainkan pertandingan (grup A, B, dan C) yang nilainya di bawah koleksi Timnas Indonesia saat ini.

Dengan demikian, situasi di grup A yang akan menguntungkan Timnas Indonesia adalah bila Qatar berhasil mengalahkan China. Hal tersebut membuat tim peringkat tiga grup A dipastikan hanya memiliki dua poin.

Jika China bisa meraih poin lawan Qatar, ada hal lain yang juga bisa menguntungkan Timnas Indonesia. Hal itu adalah bila Lebanon vs Tajikistan berakhir imbang. Kondisi itu juga memastikan peringkat tiga grup A bakal punya nilai dua poin dan dipastikan ada di bawah Timnas Indonesia dalam perebutan peringkat tiga terbaik.

Bila tim peringkat tiga grup A mengakhiri fase grup dengan hanya mengoleksi dua poin, otomatis Timnas Indonesia maju satu langkah lebih dekat ke babak 16 besar. Timnas Indonesia tinggal bergantung pada hasil di salah satu grup B atau C.

[Gambas:Video CNN]

(ptr/jal)




Sumber: www.cnnindonesia.com