Senjata Rahasia Indonesia yang Ditakuti Pelatih Vietnam

Timnas Indonesia dianggap punya senjata rahasia yang ditakuti, khususnya pelatih Philippe Troussier, jelang duel Vietnam vs Indonesia di Piala Asia 2023.


Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia dianggap punya senjata rahasia yang ditakuti Vietnam, khususnya pelatih Philippe Troussier, jelang pertandingan Vietnam vs Indonesia di Piala Asia 2023, Jumat (19/1).

Media Vietnam, Soha, menyebut senjata rahasia itu adalah lemparan jauh Pratama Arhan. Kemampuan Arhan dalam melempar bola ke dalam dinilai jadi faktor yang menguntungkan Indonesia.

“Lemparan yang sangat kuat ke arah kotak penalti dan kemampuan berduel udara jadi pola serangan khas Indonesia di semua level. Ini adalah senjata rahasia yang bisa dilakukan oleh Pratama Arhan dengan talentanya, ditambah fakta bahwa Indonesia punya tinggi badan yang ideal,” tulis media tersebut.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pelatih Vietnam, Philippe Troussier, punya kenangan buruk dengan lemparan maut Pratama Arhan. Momen buruk terjadi pada semifinal SEA Games 2023, saat Vietnam kalah 2-3 dari Indonesia. Itu adalah kali pertama Troussier menghadapi Timnas Indonesia setelah menggantikan Park Hang Seo.

Ketika itu Timnas Indonesia asuhan Indra Sjafri mencetak dua gol berawal dari lemparan Arhan. Indonesia kemudian melangkah ke final dan menjadi juara SEA Games 2023 dengan mengalahkan Thailand.

“Pelatih Philippe Troussier juga mengakui bahwa Vietnam mampu menguasai pertandingan dengan 10 pemain, tapi tetap kebobolan dari situasi lemparan ke dalam [Indonesia],” tulis Soha.

Selain kualitas lemparan Arhan, Timnas Indonesia juga dinilai bakal merepotkan lawan dengan postur tubuh yang lebih unggul dibandingkan peserta dari Asia Tenggara di Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia jadi tim dengan rata-rata pemain paling tinggi dari seluruh peserta dari Asia Tenggara. Skuad Garuda punya rata-rata postur 179,6 cm.

Sedangkan negara ASEAN lain seperti Malaysia tercatat 178,6 cm. Kemudian Thailand dan Vietnam merupakan peserta Piala Asia 2023 dengan rata-rata postur paling rendah dengan 176,3 cm dan 175,3 cm.

“Fisik jadi kekhawatiran di Piala Asia 2023 ketika pemain timnas Vietnam jadi tim dengan rata-rata postur terendah,” tulis laporan Soha.

Sederet bintang Vietnam yang memiliki postur ideal absen di Piala Asia 2023 karena cedera. Mereka adalah Doan Van Hau (185 cm), Nguyen Duc Chien (184 cm), Nguyen Hoang Duc (183 cm), Nguyen Tien Linh (181 cm), Nguyen Thanh Chung (180 cm), Que Ngoc Hai (180 cm), dan kiper Dang Van Lam (188 cm).

[Gambas:Video CNN]

(ikw/har)




Sumber: www.cnnindonesia.com