Just another website
Indeks

Respons Pelatih Portugal Soal Isu Harus Terus Mainkan Ronaldo

Pelatih Portugal Fernando Santos memberikan jawaban terkait kabar harus terus memainkan Cristiano Ronaldo jelang Piala Dunia 2022.

Jakarta, CNN Indonesia

Pelatih Portugal Fernando Santos membantah isu yang menyebut dalam tekanan untuk terus memainkan Cristiano Ronaldo jelang Piala Dunia 2022.

Sejak mencatat debut di timnas Portugal pada 2003 lalu, Ronaldo masih aktif bermain untuk Seleccao das Quinas hingga saat ini. Pemain 37 tahun itu bahkan menjadi tumpuan utama Portugal di berbagai ajang bergengsi.

Tak heran Ronaldo sudah membukukan 191 penampilan bersama timnas Portugal. Hanya butuh sembilan pertandingan bagi bintang Manchester United itu menyentuh 200 caps internasional.

Di satu sisi, ketergantungan Portugal terhadap Ronaldo menimbulkan narasi pelatih dipaksa agar lima Ballon d’Or itu untuk terus bermain. Santos yang sudah menangani timnas Portugal selama delapan tahun pun terkena getahnya meski belakangan anggapan itu ia bantah.

“Dipaksa? Ini bukan tentang paksaan. Ini juga bukan kewajiban. Tidak ada satu pun yang memaksa melakukan sesuatu di sini. Pertanyaan yang harus disampaikan kepada saya adalah, berdasarkan seluruh yang sudah dilakukan Cristiano Ronaldo, apakah dia harus tampil?” kata Santos dikutip Mirror.

“Sudah pasti berlaku juga bagi Cristiano Ronaldo dan semua pemain yang ada di tim nasional. Jika pelatih dipaksa untuk memasukkan pemain dalam susunan pemain, hal itu tidak ada di sini,” ujarnya menambahkan.

Sebelum Piala Dunia 2022 berlangsung, timnas Portugal akan melakoni laga persahabatan melawan Nigeria pada Kamis (17/11). Namun Ronaldo dipastikan absen dalam pertandingan itu karena sakit.

“Dia tidak siap untuk itu [lawan Nigeria]. Dia kehilangan banyak cairan, dia menderita gastroenteritis dan tidak ikut latihan. Dia ada di kamarnya untuk beristirahat dan pemulihan. Saya 100 persen yakin dia tidak bisa bermain [lawan Nigeria],” ucap Santos.

[Gambas:Video CNN]

(jal/jal)






Sumber: www.cnnindonesia.com