PSSI Ingin Bintang Luar Negeri Ikut Latihan di Turki

Berikut daftar 16 tim negara yang lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 termasuk Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam .

Jakarta, CNN Indonesia

Ketua Umum PSSI Erick Thohir disebut Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji mengupayakan agar diaspora Timnas Indonesia bisa ikut pemusatan latihan di Turki pada akhir Desember ini.

Timnas Indonesia rencananya akan berangkat ke Turki untuk pemusatan latihan menjelang Piala Asia 2023 (2024) di Turki pada 20 Desember. Sebanyak 40 pemain kemungkinan dipanggil.

Dari 40 nama yang bakal dipanggil itu, beberapa di antaranya diaspora. Mereka itu Asnawi Mangkualam Bahar, Saddil Ramdani, Pratama Arhan, dan Jordi Amat. Mereka ini berkiprah di Asia.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kemudian ada Sandy Walsh, Marselino Ferdinan, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Elkan Baggott. Mereka ini diaspora Timnas Indonesia yang berkiprah di Eropa.

Tidak seperti pemain yang berkiprah di Liga Indonesia, pemain di luar negeri akan sulit dipanggil. Ini karena Liga 1 2023/2024 akan jeda mulai 19 Desember, sedangkan yang di luar tidak.

Sebagian besar klub-klub yang dibela diaspora Indonesia, utamanya yang di Eropa masih akan bertanding hingga awal sebelum Natal atau ada pula yang setelah Tahun Baru 2024.

“Pak Ketua Umum (PSSI, Erick Thohir) sedang berkoordinasi dengan masing-masing klub dan juga kami mengupayakan. Mudah-mudahan bisa lah ya,” kata Sumardi, Kamis (30/11).

“Artinya sekarang ini kan kuncinya adalah komunikasi. Menjalin komunikasi yang baik dengan klub yang dinaungi oleh para pemain yang saat sekarang ini bermain di luar,” ujarnya

Persiapan panjang dibutuhkan Timnas Indonesia karena bergabung di grup sulit. Indonesia akan bersaing dengan Jepang, Irak, dan Vietnam di Grup D Piala Asia 2023.

[Gambas:Video CNN]

(abs/ptr)



Sumber: www.cnnindonesia.com