Profil Aldila Sutjiadi, Petenis Indonesia Juara Thailand Open 2024

Petenis Indonesia Aldila Sutjiadi sukses merebut gelar Thailand Open 2024 nomor ganda putri bersama Miyu Kato (Jepang).


Jakarta, CNN Indonesia

Petenis Indonesia Aldila Sutjiadi sukses merebut gelar Thailand Open 2024 nomor ganda putri bersama Miyu Kato (Jepang). Berikut profil Aldila Sutjiadi yang merupakan petenis putri nomor satu Indonesia saat ini.

Duet Aldila/Miyu berhasil merebut gelar ganda putri Thailand Open 2024 setelah mengalahkan ganda putri China, Jiang Xinyu/Hanyu Guo, 6-4, 1-6 dan 10-7 pada laga final yang berlangsung True Arena, Hua Hin, Minggu (4/2).

“Saya sangat senang bisa meraih gelar juara di sini. Pertandingan hari ini sangat sengit, tapi kami terus berjuang dan saling mendukung. Terima kasih kepada Miyu, tim pelatih, dan semua pihak yang telah mendukung kami,” ujar Aldila dalam rilis yang diterima CNNIndonesia.com.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Aldila Sutjiadi merupakan petenis yang lahir di Jakarta pada 2 Mei 1995. Petenis 28 tahun itu mulai belajar tenis sejak lima tahun dan memulai karier profesionalnya saat 15 tahun.

Aldila meraih banyak prestasi di dunia tenis. Pada 2012, Aldila menyapu bersih medali emas di PON Riau 2012 untuk nomor tunggal putri, ganda putri, dan beregu. Prestasi tersebut mengantarkan Aldila ke Piala Fed Asia/Oceania 2013, di mana ia membantu Indonesia untuk promosi ke Grup 1.

Karier Aldila kemudian berlanjut di Amerika Serikat ketika dia melanjutkan pendidikan di Universitas of Kentucky. Aldila dinobatkan sebagai salah satu remaja paling berprestasi di Amerika Serikat dalam Elite 90 yang digagas The National Collegiate Athletic Associate (NCAA).

Aldila saat ini fokus di nomor ganda, baik terutama ganda putri. Per 5 Februari 2024, Aldila menduduki ranking 29 dunia WTA Tour. Belakangan Aldila sering duet dengan Miyu Kato (Jepang), Erin Routliffe (Selandia Baru), dan Astra Sharma (Australia).

Lima gelar WTA Tour pernah diraih Aldila: Copa Colsanitas 2022, Auckland Classic 2023, ATX Open 2023, Tennis in Cleveland 2023, dan Thailand Open 2024.

Bersama tim nasional Indonesia, Aldila sukses merebut medali emas Asian Games 2018 dan lima medali emas SEA Games.

[Gambas:Video CNN]

(har)



Sumber: www.cnnindonesia.com