Prestasi Menurun, Indonesia Bukan Unggulan Pertama Thomas Cup

Prestasi menurun yang ditunjukkan wakil-wakil Indonesia di nomor tunggal putra dan ganda putra membuat Indonesia tak lagi jadi unggulan pertama Thomas Cup.


Jakarta, CNN Indonesia

Prestasi menurun yang ditunjukkan wakil-wakil Indonesia di nomor tunggal putra dan ganda putra membuat Indonesia tak lagi jadi unggulan pertama Thomas Cup.

Indonesia sempat memegang status sebagai unggulan pertama di dua edisi terakhir Piala Thomas dengan hasil satu gelar juara dan satu runner up. Untuk kali ini, Indonesia tidak menempati posisi unggulan pertama.

Indonesia ada di posisi unggulan 3/4, sejajar Jepang. Posisi unggulan pertama ditempati oleh China sedangkan posisi unggulan kedua diduduki oleh Denmark.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Saat ini, di nomor tunggal Indonesia memiliki Anthony Ginting (peringkat 5), Jonatan Christie (9), dan Chico Aura Dwi Wardoyo (32). Sedangkan di nomor ganda, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto duduk di peringkat ketujuh sedangkan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri ada di posisi sembilan.

China yang duduk di posisi unggulan pertama punya kekuatan yang lebih merata saat ini. Dua tunggal China duduk di posisi 10 besar yaitu Shi Yuqi di peringkat dua dan Li Shifeng di posisi keempat.

Pada nomor ganda, Liang Weikeng/Wang Chang ada di ranking tiga dan Liu Yuchen/Ou Xuanyi ada di posisi delapan. Hanya Weng Hongyang yang ada di luar 10 besar, tepatnya di peringkat 15.

Denmark juga punya kekuatan mumpuni sebagai unggulan dua. Viktor Axelsen duduk di posisi pertama sedangkan Anders Antonsen ada di peringkat ketiga. Rasmus Gemke sebagai tunggal ketiga saat ini ada di posisi ke-29.

Di jajaran ganda, Denmark kini punya Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen sebagai ganda peringkat empat dunia. Rasmus Kjaer/Frederik Sogaard sebagai ganda kedua kini menempati posisi 17 dunia.

Daftar Unggulan Piala Thomas

Unggulan Pertama: China
Unggulan Kedua: Denmark
Unggulan 3/4: Indonesia, Jepang
Unggulan 5/8: Malaysia, India, Taiwan, Korea
Unggulan 9/12: Prancis, Thailand, Kanada, Hong Kong
Unggulan 13/16: Jerman, Inggris, Aljazair, Australia

[Gambas:Video CNN]

(ptr/jun)



Sumber: www.cnnindonesia.com