Peringatan Nova Soal Pemanggilan Pemain: Jangan Asumsi Macam-macam

Asisten Shin Tae Yong di Timnas Indonesia, Nova Arianto memperingatkan semua pihak untuk tidak berasumsi sembarangan soal pemanggilan pemain di Skuad Garuda.


Jakarta, CNN Indonesia

Asisten Shin Tae Yong di Timnas Indonesia, Nova Arianto, memperingatkan semua pihak untuk tidak berasumsi sembarangan soal pemanggilan pemain di Skuad Garuda.

Pemanggilan pemain di Timnas Indonesia pada beberapa kesempatan jadi sorotan lantaran menuai kontroversi dari sejumlah pihak.

Pada pemanggilan pemain untuk pemusatan latihan di Turki jelang Piala Asia 2023, pelatih Shin Tae Yong dikritik karena tidak memasukkan Stefano Lilipaly.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Nama kiper Nadeo Argawinata juga tidak ada. Baik Lilipaly maupun Nadeo adalah dua pemain yang membawa Borneo FC menjadi pemuncak klasemen Liga 1 2023/2024 sampai dengan saat ini.

Sebaliknya STY mempertahankan Pratama Arhan yang tidak dimainkan Tokyo Verdy. Kiper Syahrul Trisna yang tidak lagi jadi pilihan utama di Persikabo juga dipanggil STY.

Perdebatan soal pemanggilan pemain Timnas Indonesia ini membuat Nova Arianto bereaksi. Nova mengatakan tim pelatih menghargai perbedaan pendapat tersebut.

“Tim Nasional memulai persiapannya dalam rangkaian persiapan menuju Asian Cup 2024 di Antalya Turkey,” tulis Nova dalam unggahan di Instagram.

“Kami memahami banyak Pro dan Kontra di setiap Tim Nasional melakukan pemanggilan pemain karena itu kami sangat menghargai dan memahami dengan situasi dan komentar yang ada karena pastinya semua menginginkan yang terbaik untuk Tim Nasional [Indonesia],” ucap Nova menambahkan.

Meski demikian mantan pelatih Lampung Sakti dan Bhayangkara FC U-20 ini juga mengingatkan banyak pihak untuk tidak berpikiran macam-macam.

[Gambas:Instagram]

“Jangan pernah berasumsi macam-macam mengenai pemanggilan pemain dan doakan ini yg terbaik versi kami di coaching staff,” kata Nova.

“Selalu hormati setiap keputusan HC [head coach] kami @shintaeyong7777 . karena tidak ada tekanan dalam kami memanggil pemain dan pastinya semua pemain yang dipanggil adalah orang Indonesia dan pastinya semua akan berjuang memberikan yang terbaik untuk Tim Nasional,” tutur Nova melanjutkan.

Nova meminta dukungan suporter Timnas Indonesia kepada Tim Merah Putih yang tengah menjalani persiapan Piala Asia 2023 di Turki.

“Marilah berikan dukungan yang positif dan terus memberikan support yang positif kepada tim, karena Tim Nasional akan tampil di kejuaraan di level tertinggi di Asia yang pastinya akan sangat baik untuk perkembangan sepak bola Indonesia ke depannya,” ucap Nova.

[Gambas:Video CNN]

(sry/ptr)



Sumber: www.cnnindonesia.com