Pemain Naturalisasi Buat Indonesia Jauh Lebih Kuat

Aksi Sandy Walsh dan Justin Hubner yang mencium lambang Garuda usai Timnas Indonesia kalahkan Vietnam di Piala Asia 2023 jadi sorotan di media sosial.


Jakarta, CNN Indonesia

Pelatih timnas Vietnam, Philippe Troussier mengakui bahwa kehadiran pemain-pemain naturalisasi membuat Timnas Indonesia jauh lebih kuat dibanding sebelumnya.

Timnas Indonesia di era Shin Tae Yong gencar melakukan naturalisasi. Dalam duel lawan Vietnam di Piala Asia 2023, sejumlah pemain naturalisasi telah memperkuat Skuad Garuda mulai dari Jordi Amat, Sandy Walsh, Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Justin Hubner. Di bangku cadangan masih ada Marc Klok dan Shayne Pattynama.

Troussier menilai kehadiran pemain-pemain tersebut turut meningkatkan kualitas Timnas Indonesia. Skuad Garuda bahkan dinilai jauh lebih baik dibandingkan saat tampil di Piala AFF 2022 dan SEA Games 2023.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Skuad Timnas Indonesia saat ini berbeda bila dinandingkan ketika bermain lawan Vietnam di Piala AFF atau SEA Games di masa lalu.”

“Mereka menambahkan sejumlah pemain asal Eropa sehingga membuat kualitas skuad jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya,” ucap Troussier seperti dikutip dari Bongdaplus.

Setelah gagal di Piala Asia, Vietnam bakal berbenah menuju ajang penting lainnya. Hal itu adalah Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Di bulan Maret, Vietnam akan dua kali menghadapi Timnas Indonesia dalam laga kandang dan tandang. Laga tersebut bakal krusial bagi penentuan nasib kedua tim di Kualifikasi Piala Asia.

Di Kualifikasi Piala Asia, Irak memimpin klasemen dengan koleksi enam poin. Vietnam ada di peringkat kedua dengan catatan tiga poin sedangkan Indonesia dan Filipina sama-sama memiliki satu poin.

[Gambas:Video CNN]

(ptr/ptr)




Sumber: www.cnnindonesia.com