Pelatih Ungkap ‘Penyakit’ di Malaysia Open, Wajib Hilang di India Open

Pelatih ganda putra Indonesia Aryono Miranat mengungkap penyakit yang dilakukan atlet selama Malaysia Open dan wajib dihindari di India Open 2024.


Jakarta, CNN Indonesia

Pelatih ganda putra Indonesia Aryono Miranat mengungkap penyakit yang dilakukan atlet selama Malaysia Open dan berharap para pemain menghindarinya India Open 2024.

Aryono melihat kebiasaan atlet binaannya kerap lengah saat sedang memimpin perolehan poin sehingga tak bisa mengamankan kemenangan pada akhir laga.

Pada Malaysia Open lalu, capaian terbaik ditunjukkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang bisa melaju hingga perempat final. Sementara Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin terhenti di babak pertama. Sedangkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan harus mundur di babak kedua karena cedera.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Konsistensi dan fokus menjadi hal yang paling saya tekankan kepada mereka. Pikiran juga harus kuat dan ketenangan karena melihat kemarin di Malaysia Open, rata-rata sudah unggul lalu tersusul lawan. Ini yang tidak boleh terjadi,” kata Aryono dalam keterangan tertulis PBSI, Senin (15/1).

Kegagalan ganda putra sekaligus wakil Indonesia di Malaysia Open 2024 jadi pelecut semangat Fajar Alfian dan kawan-kawan. Menurut Aryono, seluruh atlet harus mengubur kekecewaan dari turnamen sebelumnya agar bisa bangkit di India Open 2024.

“Dari segi mental saya yakin mereka bisa kembali lagi karena setiap pertandingan mulai dari awal, dari nol lagi. Hasil kemarin harus dilupakan dan di pertandingan baru ini harus optimistis lagi,” ujarnya.

Lebih lanjut Aryono menyampaikan, bukti bangkitnya semangat atlet Indonesia ditunjukkan ketika tidak menunda waktu latihan meski baru tiba di New Delhi pada Minggu (15/1) dini hari waktu setempat.

“Kemarin kami baru sampai dini hari dan siang ini sudah latihan. Situasi lapangan bagus, anak-anak coba beradaptasi dengan suasana yang baru. Sejauh ini semua baik termasuk kondisi fisik anak-anak ganda putra,” ujarnya.

India Open 2024 berlangsung pada 16-21 Januari di K.D. Jadhav Indoor Hall, New Delhi. Indonesia mengirim sembilan wakil pada turnamen level BWF Super 750 ini, tiga di antaranya dari sektor ganda putra yakni Fajar/Rian, Leo/Daniel, dan Fikri/Bagas.

Seperti di Malaysia Open 2024, ganda putri Indonesia dipastikan absen di India Open 2024. Dua pasangan yakni Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari masih bermasalah dengan cedera.

[Gambas:Video CNN]

(ikw/nva)



Sumber: www.cnnindonesia.com