Panggilan Hati Menjadi Caleg, Bakti untuk Jayapura

Legenda Persipura Bio Paulin memutuskan maju sebagai calon anggota legislatif atau caleg DPRD Kota Jayapura pada Pemilu 2024.

Jakarta, CNN Indonesia

Legenda Persipura Jayapura Bio Paulin Pierre memutuskan maju sebagai calon anggota legislatif atau caleg DPRD Kota Jayapura pada Pemilu 2024.

Bio Paulin terdaftar sebagai caleg DPRD Kota Jayapura dari Partai Gerindra. Ia bersaing memperebutkan 11 kursi legislatif di Dapil 4 yang mencakup Distrik Abepura.

Ia ingin berbakti untuk daerah yang membesarkan namanya. Selain itu, terselip pula mimpi besarnya sebagai ‘Orang Penting’ di Indonesia.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tak main-main, eks pesepakbola yang berseragam Persipura selama 10 tahun itu punya mimpi besar sebagai Menpora RI. Ia ingin sepak bola Indonesia ditekel oleh orang yang mengerti seluk-beluk Si Kulit Bundar.

Tapi sebelum meraih cita-cita setinggi langit itu, atlet yang pernah membela Timnas Indonesia itu ingin mengabdi untuk Jayapura.

Berikut wawancara CNNIndonesia.com dengan Bio Paulin:

Apa alasan terbesar Anda menjadi calon legislatif?

Alasan terbesar saya maju sebagai caleg di kota Jayapura yang pertama karena saya sudah lama di sini. Selama di Indonesia saya lebih lama di Papua terutama Jayapura.

Kedua, orang di sini sudah menganggap saya sebagai anak sendiri di manapun itu. Dalam pemikiran saya, sebagian dari profesi sebagai atlet sepak bola saya melewatinya di Jayapura khususnya mendapat gelar-gelar juga di sini.

Itu yang membuat saya ketika jadi pelatih, dimulai di sini. Saya mulai melatih di Tolikara kemudian di Jayapura. Saya merasa alasan-alasan ini datang bukan dari saya, tapi dari Tuhan.

Itu yang membuat saya bisa berada di sini dan maju sebagai caleg. Karena selain saya sudah WNI dan jadi warga Papua, itu jadi alasan saya maju sebagai caleg di sini. Saya akan bekerja keras karena sudah menunjukkannya di sepak bola dan ingin menunjukkannya juga di politik.

Bagaimana awalnya masuk ke dunia politik. Ada yang mengajak?

Ini cerita yang panjang. Sejak 2005 saya kenal dengan saudara saya Yan Mandenas yang sekarang di Gerindra. Jadi saya dengan dia setiap hari sering bicara jadi itu alasan saya juga untuk maju sebagai caleg.

Ketika dia jadi manajer Persipura, saya juga masuk ke sana sebagai pelatih. Saya tertarik masuk politik dan ingin maju sebagai caleg.

Apakah sudah tertarik dengan politik sejak masih di Kamerun?

Di Kamerun saya punya banyak teman-teman kuliah yang sekarang juga maju di bidang politik. Jadi ketika saya pergi ke sana, saya sering bicara tentang politik dengan mereka.

Saya antusias ketika berbicara politik sehingga muncul keinginan untuk ikut juga ke politik.

Baca lanjutan artikel ini di halaman selanjutnya>>>




Sumber: www.cnnindonesia.com