Momen Pertama Garuda vs Tim ASEAN di Piala Asia

Timnas Indonesia akan berjumpa Vietnam pada Jumat (18/1). Ini adalah kali pertama Indonesia berjumpa tim Asia Tenggara di Piala Asia.


Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia akan berjumpa Vietnam pada Jumat (18/1). Ini adalah kali pertama Indonesia berjumpa tim Asia Tenggara di Piala Asia.

Timnas Indonesia sebelumnya sudah tiga kali berlaga di putaran final Piala Asia. Namun Timnas Indonesia belum pernah sekalipun berhadapan dengan tim sesama Asia Tenggara.

Kesempatan itu akhirnya datang pada edisi kali ini. Lantaran Vietnam dan Indonesia ditempatkan pada pot yang berbeda, kedua negara akhirnya bisa berada dalam grup yang sama.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Duel lawan Vietnam sendiri bisa jadi merupakan keuntungan bagi Indonesia. Walaupun dari segi peringkat Indonesia kalah jauh, Indonesia ada di posisi 146 sedangkan Vietnam di peringkat 94, namun dari level kekuatan kedua tim dianggap setara.

Laga Indonesia vs Vietnam ini adalah peluang terbaik bagi skuad Garuda untuk merebut poin penuh. Bila mampu mengalahkan Vietnam, otomatis peluang Indonesia melaju ke babak 16 besar Piala Asia terbuka lebar.

Vietnam juga punya pola pikir yang sama dengan Indonesia. Duel lawan Indonesia adalah kesempatan terbaik bagi Vietnam memperbesar peluang lolos ke fase knock out.

Vietnam dan Indonesia saat ini belum mengantongi poin. Vietnam kalah 2-4 dari Indonesia di laga pertama sedangkan Indonesia tumbang 1-3 di hadapan Irak.

Bila merujuk riwayat perjalanan di Piala Asia, Vietnam punya catatan lebih mentereng dibanding Indonesia. Vietnam pernah lolos dari fase grup sedangkan Indonesia selalu terhenti di fase grup.

[Gambas:Video CNN]

(ptr/nva)




Sumber: www.cnnindonesia.com