Mimpi Marc Klok untuk Timnas Indonesia di Piala Asia

Bintang Timnas Indonesia, Marc Klok yakin pemusatan latihan di Turki bakal membawa dampak positif bagi Skuad Garuda jelang Piala Asia.


Jakarta, CNN Indonesia

Bintang Timnas Indonesia Marc Klok yakin pemusatan latihan di Turki bakal membawa dampak positif bagi Skuad Garuda jelang Piala Asia.

Terakhir kali Timnas Indonesia melakukan pemusatan latihan di Turki menjelang tampil di Piala AFF 2020 pada November 2021. Hasilnya Timnas Indonesia lolos ke babak final. Sayang, akhirnya Indonesia takluk dari Thailand. Pada leg pertama takluk 0-4 dan pada leg kedua imbang 2-2.

Kini Timnas Indonesia kembali melakukan pemusatan latihan di Turki. Asnawi Mangkualam Bahar dan kawan-kawan sudah bertolak ke Turki pada Rabu (20/12). TC akan berlangsung hingga 6 Januari 2022.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selama di Antalya, Turki, Timnas Indonesia akan berlatih tanding melawan Libya. Tim asuhan Shin Tae Yong ini dijadwalkan dua kali melawan Libya, yakni pada 2 dan 5 Januari 2024.

Bagi Marc Klok, pemusatan latihan di Turki akan memberi dampak besar bagi Timnas Indonesia. Ia percaya chemistry antarpemain akan terjalin dan filosofi permainan terbangun.

“Harapan saya, kita semua datang ke sana [Turki] dengan kondisi yang baik. Sangat siap untuk Piala Asia dengan kondisi sangat baik, taktik baik, dengan atmosfer tim juga sangat baik,” kata Klok.

“Yang penting kita jadi satu tim untuk turnamen ini. Kita punya filosofi yang sama dan juga punya harapan yang sangat besar karena Piala Asia [tidak diadakan] setiap minggu atau setiap tahun.”

Bagi pemain 30 tahun ini, Piala Asia adalah level tertinggi yang diikuti Timnas Indonesia dalam satu dekade terakhir. Karenanya para pemain diyakininya akan tampil penuh semangat.

Secara pribadi Klok punya target tinggi. Yang pertama adalah membawa Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar. Meski ini bukan pekerjaan mudah, Klok akan mengejarnya.

“Pertama saya punya target secara tim, yaitu lolos dari fase grup. Saya rasa itu akan jadi prestasi yang luar biasa. Secara pribadi, saya ingin tetap fit, saya ingin menikmati [turnamennya].”

“Saya ingin bermain di setiap pertandingan, saya ingin menjadi versi terbaik diri saya, serta gelandang terbaik di turnamen ini jika memungkinkan,” ucap Klok.

Demi mencapai target tersebut Klok mengikrarkan diri puasa dari media sosial. Selama pemusatan latihan di Turki dan tampil di Piala Asia 2023, Klok tak akan menyentuh media sosial.

“Target saya tinggi, ekspektasi tinggi, tapi saya hanya ingin menikmati semua momen. Saya ingin membuat orang Indonesia bangga. Saya pikir itu harus menjadi target kami,” kata Klok.

“Jadi bukan saja personal, tetapi secara tim, kami harus membuat orang Indonesia bangga dan melakukan yang terbaik yang kami bisa,” ucap pemain yang sudah menyumbang empat gol untuk Timnas Indonesia ini.

[Gambas:Video CNN]

(abs/ptr)



Sumber: www.cnnindonesia.com