Mental Hebat Korea, Tak Menyerah hingga Wasit Tiup Peluit Panjang

Timnas Korea Selatan memperlihatkan mentalitas yang hebat hingga bisa menembus babak semifinal Piala Asia 2023.


Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Korea Selatan memperlihatkan mentalitas yang hebat hingga bisa menembus babak semifinal Piala Asia 2023.

Son Heung-min dan kawan-kawan kembali menunjukkan kelebihan mereka itu di babak perempat final, Jumat (2/2). Para pemain Korea konsisten tampil dengan etos kerja tinggi hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga usai.

Korea sejatinya nyaris disingkirkan Australia di Stadion Al Janoub, Al Wakrah. Ini karena Taegeuk Warriors tertinggal 0-1 gara-gara gol Craig Goodwin dan belum bisa mencetak gol balasan hingga menit ke-90+3.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, anak asuh Jurgen Klinsmann pantang menyerah. Mereka tetap berupaya keras membongkar pertahanan Australia untuk bisa mencetak gol.

Tekanan yang diberikan Korea akhirnya berujung kesalahan yang dibuat Lewis Miller. Pemain belakang Australia itu melanggar Son Heung-min di kotak penalti dan membuat wasit asal Oman Ahmed Abu Bakar Said menunjuk titik 12 pas.

Hadiah penalti ini tidak disia-siakan Hwang Hee-chan yang maju sebagai eksekutor. Ia dengan sempurna mengeksekusi penalti untuk membuat skor jadi 1-1 dan membuat penentuan pemenang berlanjut ke perpanjangan waktu.

Momentum yang berubah dimanfaatkan Korea dengan baik. Sebuah tendangan bebas berkelas dari Son Heung-min merobek gawang Mathew Ryan dan mengubah skor jadi 2-1 pada menit ke-104 dan bertahan hingga laga usai.

Momen yang lebih dramatis terjadi saat menyingkirkan Arab Saudi lewat adu penalti. Pengoleksi dua gelar Piala Asia itu baru mencetak gol penyama kedudukan melalui sundulan Cho Gue-sung pada menit ke-90+9.

Sebelum gol terjadi, Korea bahkan memiliki sejumlah peluang tetapi belum berujung gol. Korea memperlihatkan semangat pantang menyerah dalam situasi sesulit apapun.

Reaksi mengesankan ini juga sudah diperlihatkan di fase grup. Dua gol pada masa injury time babak kedua tercipta ke gawang Yordania dan Malaysia.

Korea bisa menahan imbang Yordania 2-2 melalui gol bunuh diri Yazan Al Arab pada menit ke-90+1. Sementara saat bermain imbang 3-3 melawan Malaysia, Son mencetak gol pada menit ke-90+3 untuk membawa Korea unggul meski Harimau Malaya bisa bangkit untuk mencetak gol penyama kedudukan lewat Romel Morales pada menit 90+15.

[Gambas:Video CNN]

(jal)




Sumber: www.cnnindonesia.com