Menpora Buka Suara Soal Sepi Penonton di Piala Dunia U-17 2023

Menpora Dito Ariotedjo ikut angkat suara terkait situasi penonton yang sepi di Piala Dunia U-17 2023.
Jakarta, CNN Indonesia

Menpora Dito Ariotedjo ikut angkat suara terkait situasi penonton yang sepi di Piala Dunia U-17 2023.

Pagelaran Piala Dunia U-17 2023 yang sepi penonton jadi sorotan publik. Meski sejumlah tim-tim besar tersebar di sejumlah kota penyelenggara, akan tetapi hal tersebut tidak juga menarik perhatian pencinta sepak bola Indonesia.

Dikutip dari Antara, jumlah penonton untuk laga Spanyol vs Kanada di Stadion Manahan, Solo, hanya berjumlah 6 ribu orang. Sedangkan pertandingan Mali vs Uzbekistan di stadion yang sama hanya 3 ribu penonton.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Jadi kalau sepi penonton, memang dari awal ini tidak perlu kita di Solo. Kita selama ini menyelenggarakan pertandingan sepak bola antarnegara. Kalau di [Stadion] GBK [Gelora Bung Karno] saja, kalau bukan timnas yang main, pasti peminatnya sedikit,” kata Dito.

“Karena memang tantangannya pasti yang ramai adalah kalau timnas Indonesia bermain atau tim-tim negara seperti Brazil, terus Inggris, dan negara-negara unggulan yang main,” ujar Dito menambahkan.

Tidak saja di Solo masalah jumlah penonton yang minim juga terjadi di Bandung dan Jakarta. Sebagai gambaran saat Inggris menang 10-0 atas Kaledonia Baru pada pertandingan Grup C yang dimainkan di Jakarta International Stadium, total hanya terdapat 6.684 penonton.

Sedangkan ketika Senegal membuat kejutan dengan menang 2-1 atas Argentina di Stadion Si Jalak Harupat, total hanya terdapat 6.222 penonton.

Menpora memaklumi jumlah penonton yang tidak selalu ramai antara satu laga dengan lainnya dalam penyelenggaraan ajang-ajang besar.




“Pasti gim-gim tertentu, negara-negara tertentu yang [penontonnya] akan melonjak tinggi,” kata dia.

Dalam laporan tersebut dijelaskan, jumlah penonton pada turnamen sepak bola usia muda relatif tidak tinggi. Saat Brasil tampil di Piala Dunia U-17 2019 di Brasil, jumlah penonton pertandingan saat Brasil tidak bermain hanya 223 orang untuk laga Australia vs Hungaria.

Jumlah penonton terbanyak di Piala Dunia U-17 2019 saat pertandingan final Brasil vs Meksiko di Stadion Bezzerao dengan jumlah penonton mencapai 13.843 orang.

[Gambas:Video CNN]

(sry/jal)




Sumber: www.cnnindonesia.com