Malaysia Dibantai Peringkat 87 Dunia, Indonesia Tandingi Ranking ke-63

Perbedaan mencolok terkait ranking FIFA tim yang mengalahkan Malaysia dan Timnas Indonesia mencuat usai laga perdana Piala Asia 2023.


Jakarta, CNN Indonesia

Malaysia dan Timnas Indonesia sama-sama menelan kekalahan pada laga pembuka penyisihan grup Piala Asia 2023. Namun, ada perbedaan mencolok terkait ranking FIFA antara tim yang mengalahkan Harimau Malaya dan Tim Merah Putih.

Malaysia dibantai 0-4 oleh Yordania di Grup E Piala Asia 2023. Sebelumnya, Indonesia juga kalah 1-3 dari Irak pada pertandingan lain di Grup D, Senin (15/1).

Namun merujuk peringkat FIFA, Yordania memiliki ranking yang lebih rendah dibandingkan Irak. Saat ini Yordania berada di urutan ke-87 sedangkan Irak di posisi ke-63.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kebobolan empat kali tanpa balas membuat Malaysia sekilas nampak kesulitan menghadapi gempuran Yordania. Tim besutan Kim Pan Gon itu bahkan kebobolan tiga kali di babak pertama.

Selama empat hari Piala Asia 2023 bergulir, Malaysia jadi tim yang kebobolan paling banyak. Sedangkan peserta lainnya, termasuk Indonesia, kebobolan tiga kali dalam periode yang sama.

Timnas Indonesia meski kalah dengan skor telak, tetap menunjukkan semangat juang hingga menit akhir pertandingan. Perlawanan sengit juga dihadirkan tim besutan Shin Tae Yong itu di sepanjang laga.

Skuad Garuda tidak menyerah setelah pemain Irak Mohanad Ali mencetak gol di menit ke-17. Sebab Marselino Ferdinan mencatat gol balasan di menit ke-37 setelah menerima umpan berkelas dari Yakob Sayuri.

Sayang, Indonesia harus kebobolan beberapa saat sebelum babak pertama berakhir. Gol kedua Irak pun jadi kontroversi karena diwarnai momen offside sebelum proses gol terjadi.

Indonesia kembali kebobolan oleh di menit ke-75 yang membuat skor akhir menjadi 1-3. Meski begitu, pada babak kedua Yakob Sayuri dan kawan-kawan masih menunjukkan tekanan dan menghadirkan beberapa peluang namun penyelesaian akhirnya bermasalah sehingga tidak bisa mencetak gol lagi ke gawang Irak.

[Gambas:Video CNN]

(abs/jal)




Sumber: www.cnnindonesia.com