Komentar STY Soal Rencana Naturalisasi Thom Haye dan Paes

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong angkat bicara soal langkah naturalisasi dua pemain yakni Thom Haye dan Maarten Paes.


Jakarta, CNN Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong merespons positif upaya Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang memiliki keinginan menaturalisasi Thom Haye dan Maarten Paes.

Haye merupakan pemain tengah yang merumput bersama SC Heerenveen di pentas Eredivisie. Sedangkan Paes merupakan penggawa FC Dallas di Major League Soccer.

“Pemain-pemain itu ada darah Indonesia. Kalau bisa membentuk tim lebih baik, kenapa enggak? Kita harus bekerja sama dan berusaha sama-sama, apalagi punya darah Indonesia,” ujar STY saat jumpa pers di hotel tempat pemain Timnas Indonesia menginap pada Selasa (19/12).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Ini proyek yang sedang dijalankan Erick [Thohir] dengan tujuan yang sangat baik untuk Indonesia. Jadi lihat saja situasinya ke depan seperti apa,” katanya lagi.

PSSI sendiri baru saja menuntaskan proses naturalisasi Justin Hubner. Kapten Wolvehampton Wanderers U-21 itu sudah resmi jadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada 6 Desember lalu.

Hubner bahkan sudah masuk dalam daftar 29 pemain pilihan STY untuk pemusatan latihan di Turki jelang Piala Asia 2023. Kehadiran Hubner membuat persaingan di pertahanan juga bertambah sengit.

Selain itu, proses naturalisasi pemain Venezia Jay Idzes dan penggawa Swansea City, Nathan Tjoe A On juga terus berjalan dan sudah mendapat persetujuan dari DPR RI.

Satu nama lainnya yakni Ragnar Oratmangoen baru akan dilanjutkan proses naturalisasinya pada tahun depan. Hal ini dikarenakan dokumen naturalisasi Ragnar belum lengkap.

[Gambas:Video CNN]

(abs/jal)



Sumber: www.cnnindonesia.com