Klok Bicara Persaingan di Piala Asia 2023: Grup yang Susah

Pemain Timnas Indonesia Marc Klok mengatakan timnya berada di grup yang sulit dalam gelaran Piala Asia 2023 (2024).


Jakarta, CNN Indonesia

Pemain Timnas Indonesia Marc Klok mengatakan timnya berada di grup yang sulit dalam gelaran Piala Asia 2023 (2024).

Tim Merah Putih akan bersaing dengan Jepang, Irak, dan sesama wakil Asia Tenggara Vietnam di grup D. Dari segi ranking FIFA, Timnas Indonesia menempati posisi paling rendah dibandingkan tiga kontestan lainnya.

“Saya pikir ini grup yang susah, pasti. Irak sangat baik. Kita lihat kemarin [di Kualifikasi Piala Dunia 2026]. Jepang juga semua tahu bahwa level mereka berbeda [dari Indonesia]. Vietnam mungkin levelnya sama dengan kita,” ujar Klok.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Akan tetapi, kita harus lihat pertandingan demi pertandingan. Fokus untuk kualitas kita, dan juga adaptasi untuk [melawan] mereka. Bagaimana kita bisa bertahan, bagaimana kita bisa ambil peluang. Pasti tidak mudah, semua tahu, tapi tidak ada yang tidak bisa kan,” ia melanjutkan.

Klok meyakini tuntutan bagi pemain untuk setiap pertandingan di fase grup akan sangat tinggi. Kemampuan adaptasi para pemain Timnas Indonesia juga akan diuji menghadapi lawan-lawan yang berbeda di fase grup dalam waktu singkat.

“Kuncinya pertama punya mindset yang bagus. Kunci kedua punya fisik yang sangat-sangat bagus karena kita tahu [menghadapi] mereka kita akan banyak berlari. Kita harus siap untuk itu. Dan kunci ketiga, kita harus lihat situasi per tim, kualitas dari mereka,” ucapnya.

“Jepang pasti berbeda dari Vietnam, Vietnam pasti berbeda dari Irak. kita harus adaptasi sangat cepat.”

Timnas Indonesia akan memulai kiprah di Piala Asia 2023 melawan Irak pada 15 Januari 2024. Setelah itu, tim asuhan Shin Tae Yong akan menghadapi Vietnam (19 Januari) dan Jepang (24 Januari).

[Gambas:Video CNN]

(jal/nva)



Sumber: www.cnnindonesia.com