Kenapa Jersey Timnas Jepang Berwarna Biru?

Ritsu Doan menekankan bahwa Jepang akan menunjukkan kekuatan sebenarnya saat bersua Timnas Indonesia pada laga pemungkas Grup D Piala Asia 2023.


Jakarta, CNN Indonesia

Biasanya warna jersey dari sebuah kesebelasan merepresentasikan warna bendera sebuah negara, namun tidak dengan Jepang. Kenapa jersey timnas Jepang berwarna biru?

Berbeda dengan Indonesia yang kental dengan nuansa merah dan putih di jersey, serupa dengan warna bendera, Jepang justru mengedepankan warna biru. Padahal warna bendera Jepang adalah Hinomaru yang berwarna putih dengan lingkaran merah tua di tengah.

Warna jersey timnas Jepang terbilang ‘tidak nyambung‘ dengan bendera, namun ada penjelasan di balik warna biru tersebut.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Terdapat beragam versi soal asal muasal jersey biru Jepang. Salah satu versi yang terkenal adalah ketika tim Tokyo Imperial University yang mewakili Jepang di Kejuaraan Timur Jauh pada 1930 mengenakan warna biru.

Disebutkan pula Jepang mulai menggunakan warna biru saat berlaga dalam Kualifikasi Piala Dunia 1954. Lagi-lagi yang menjadi perwakilan Jepang saat itu adalah sebuah tim dari Universitas Tokyo yang memiliki jersey berwarna biru.

Ada lagi versi yang mendeskripsikan warna biru dianggap sebagai warna langit dan lautan yang menggambarkan luasnya wilayah Jepang.

Jepang bukan tak pernah mencoba menggunakan warna merah. Pada akhir 1980-an hingga awal 1990-an, Jepang memilih warna merah. Hanya saja waktu itu Jepang gagal di berbagai ajang dengan warna tersebut.

Karena hasil yang buruk, warna merah pun kemudian tak lagi digunakan. Jepang kembali mengenakan warna biru yang dipadukan dengan warna lain di jersey mereka.

Sementara warna putih kerap menjadi jersey tandang bagi Jepang.

Warna biru yang menjadi pilihan utama juga memengaruhi julukan kesebelasan Negeri Matahari Terbit tersebut yang juga dikenal dengan skuad ‘Samurai Biru’.

[Gambas:Video CNN]

(nva/har)




Sumber: www.cnnindonesia.com