Kelvin Kiptum, Pemegang Rekor Dunia Marathon Meninggal Usai Kecelakaan


Jakarta, CNN Indonesia

Kabar duka datang dari dunia atletik. Pemegang rekor dunia marathon Kelvin Kiptum meninggal dunia usai mengalami kecelakaan.

USA Today melaporkan, Kelvin Kiptum meninggal pada Minggu (11/2) malam waktu setempat dalam kecelakaan mobil di Kenya.

“Seorang atlet luar biasa yang meninggalkan warisan luar biasa. Kami akan sangat merindukannya,” kata Presiden Atletik Dunia Sebastian Coe dalam sebuah pernyataan resmi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kiptum disebut sedang mengendarai mobil dalam insiden nahas tersebut. Sang pelatih asal Rwanda, Gervais Hakizimana, juga dinyatakan meninggal dalam kecelakaan.

Komandan Polisi Elgeyo Marakwet Peter Mulinge menyatakan Kiptum kehilangan kendali sehingga mobil yang dikendarainya keluar dari jalan raya dan menabrak pohon. Kiptum dan Hakizimana meninggal di lokasi kejadian.

Pelari Kenya, Milkan Chemos, juga mengonfirmasi meninggalnya Kiptum kepada situs berita AP. Chemos langsung mendatangi rumah sakit di Eldoret setelah mendengar kabar tersebut.

Chemos mengatakan kecelakaan itu terjadi antara kota Doloret dan Kaptagat di Kenya Barat.

Kiptum merupakan pemegang rekor marathon dunia dengan catatan waktu 2 jam 35 detik pada 8 Oktober 2023. Catatn waktunya memecahkan rekor dunia 34 detik.

Kiptum menjuarai perlombaan sejauh 26,2 mil dengan waktu hampir tiga setengah menit dan sukses mengalahkan rekan senegaranya, Daniel Mateiko setelah jarak 30 meter.

Pada April 2023, Kiptum jadi juara London Marathon dengan finis dalam waktu 2 jam 1 menit 25 detik. Dan terakhir Kiptum mencatat rekor dunia saat tampil di Marathon Chichago, dengan membuat waktu 2 jam 35 detik.

Kiptum berharap bisa mencetak rekor baru di Olimpiade 2024 Paris mendatang. Namun, mimpinya tak bisa jadi kenyataan setelah tewas dalam kecelakaan.

[Gambas:Video CNN]

(nva)



Sumber: www.cnnindonesia.com