Kelebihan Panama ‘Terkunci’, Indonesia Bisa Menang di Piala Dunia U-17

Head of Youth Development PSSI Mundari Karya menyebut kelebihan Panama sudah dideteksi dan Timnas Indonesia U-17 berpeluang menang.
Jakarta, CNN Indonesia

Head of Youth Development PSSI Mundari Karya menyebut kelebihan Panama sudah dideteksi dan Timnas Indonesia U-17 berpeluang menang di laga kedua Grup A Piala Dunia U-17 2023.

Mundari menyebut Panama sama sekali tak pantas diremehkan. Bisa lolos ke Piala Dunia U-17 2023 lewat jalur kualifikasi membuktikan kualitas yang mereka miliki.

Meski kalah 0-2 dari Maroko pada pertandingan pertama, Panama tetap punya potensi merepotkan. Bahkan Indonesia bisa dibuat kelabakan jika tidak tampil solid.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Tim piala dunia ini kan melalui kualifikasi yang ketat, ya. Mereka datang dengan sebuah reputasi yang sangat bagus. Mau Panama atau Maroko, sama,” kata Mundari, Sabtu (11/11).

“Perbedaannya hanya Panama kalah 0-2. Secara kualitas saya pikir Panama sangat bagus, terutama dalam segi fisik,” ucap pelatih yang tampil di Piala Dunia U-20 1979 ini.

Kendati Panama punya kualitas, Indonesia U-19 disebutnya sangat berpeluang meraih kemenangan. Ini tergantung dari bagaimana pemain mengantisipasi kelebihan lawan.

“Kalau saya lihat [kelebihan Panama] individual. Mereka secara fisik masih lebih unggul, tapi dari segi permainan kita punya peluang untuk mengalahkan Panama,” kata Mundari.

Salah satu kelebihan Panama yang harus diantisipasi adalah tinggi badan. Dengan postur yang menjulang, Panama disebutnya kalah memainkan bola panjang dan umpan silang.

Menghadapi tim seperti ini, pertahanan Indonesia harus rapat. Jika tidak solid saat antisipasi bola mati, seperti tendangan bebas dan sepak pojok, bahaya mengintai Indonesia.




Satu gol Ekuador ke gawang Indonesia U-17 menjadi bukti. Gawang Garuda Asia dibobol Ekuador lewat sundulan yang berawal dari sepak pojok. Barisan pertahanan Indonesia lengah.

“Jujur saja kalau kita bicara, pemain-pemain ini produk Filanesia. Pemahaman taktik mereka sangat paham tentang apa yang ingin dimainkan,” kata Mundari.

“Tetapi dari segi yang lainnya itu saya pikir yang harus kita kembangkan. Jadi kalau ditanya pengaruh Filanesia terhadap sepak bola sangat besar pengaruhnya.

“Saya berharap dari Piala Dunia U-17 ini masyarakat bisa mengerti seperti apa kita dan ada di mana. Masyarakat yang akan menjadi saksi hidup sepak bola kita itu seperti apa,” ujarnya.

[Gambas:Video CNN]

(abs/jun)




Sumber: www.cnnindonesia.com