Kata-kata Pelatih Vietnam Usai Disingkirkan Indonesia dari Piala Asia

Pelatih Vietnam Philippe Troussier buka suara setelah timnya disingkirkan Timnas Indonesia dari Piala Asia 2023 usai kalah 0-1, Jumat (19/1).


Jakarta, CNN Indonesia

Pelatih Vietnam Philippe Troussier buka suara setelah timnya disingkirkan Timnas Indonesia dari Piala Asia 2023 usai kalah 0-1 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat (19/1).

Vietnam dipastikan tidak bisa melangkah ke babak 16 besar Piala Asia 2023 karena kalah head to head dengan Jepang dan Indonesia.

Seluruh tim di Grup D menyisakan satu pertandingan: Indonesia melawan Jepang, dan Vietnam bentrok dengan Irak. Saat ini posisi Vietnam di dasar klasemen Grup D tanpa meraih poin.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sedangkan Irak di posisi puncak, Jepang kedua, dan Indonesia ketiga. Sekalipun Vietnam menang atas Irak di laga pemungkas, Vietnam tidak akan naik peringkat lantaran kalah head to head dengan Jepang dan Indonesia. Pada laga pertama Vietnam kalah 2-4 dari Jepang.

Usai pertandingan Philippe Troussier menyebut pemainnya sudah tampil maksimal melawan Indonesia.

“Saya tidak menyesali kekalahan tim, karena mereka sudah bermain dengan maksimal. Permainan mereka berjalan dengan sangat baik dan berani,” ujar Troussier dikutip dari Antara.

Walaupun tidak lagi punya harapan ke babak gugur Piala Asia 2023, Troussier akan memanfaatkan pertandingan terakhir lawan Irak, Rabu (24/1), sebagai sarana evaluasi.

“Ini bukan waktunya untuk menyerah dan kami harus mengejar tiga poin kemenangan, karena pertandingan masih berlanjut,” kata Troussier.

“Kami kalah di pertandingan ini jelas bahwa tim kami tidak mendapat keuntungan untuk lolos ke babak selanjutnya,” tutur Troussier menambahkan.

Pujian tetap diberikan pelatih asal Prancis itu kepada pemainnya meski menelan dua kekalahan beruntun di babak grup.

“Dari pertandingan ini, kami belajar banyak. Meski kalah tapi kami yakin akan lebih percaya diri untuk pertandingan selanjutnya,” ucap Troussier.

[Gambas:Video CNN]

(sry)




Sumber: www.cnnindonesia.com