Kami Menang Bukan karena Wasit

Pelatih timnas Irak Jesus Casas membalas tuduhan Shin Tae Yong yang menyebut gol kedua Irak ke gawang Timnas Indonesia tidak sah dalam duel Piala Asia 2023.


Jakarta, CNN Indonesia

Pelatih timnas Irak Jesus Casas membalas tuduhan Shin Tae Yong yang menyebut gol kedua Irak ke gawang Timnas Indonesia tidak sah dalam duel Piala Asia 2023 di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Senin (15/1).

Timnas Indonesia kalah 1-3 dari Irak pada laga pertama Piala Asia 2023. Kekalahan Indonesia diwarnai gol kontroversial Irak saat injury time babak kedua.

Wasit asal Uzbekistan, Ilgiz Tantashev, tetap mengesahkan gol kedua Irak yang dicetak Osama Rashid saat menit 45+7 meski beberapa detik sebelumnya salah satu pemain Irak terlibat offside.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Shin Tae Yong mengungkapkan kekecewaan terhadap keputusan wasit yang tetap mengesahkan gol kedua Irak meski sudah menggunakan VAR. STY juga mengkritik Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) yang menyebut insiden gol kontroversial bisa mencoreng nama baik AFC.

Namun, Casas membantah ucapan Shin Tae Yong. Pelatih asal Spanyol itu mengatakan wasit Tantashev menjalani tugas dengan baik sepanjang laga Indonesia vs Irak. Casas juga membantah Irak menang karena dibantu wasit.

“Wasit pertandingan ini adil, dan setiap pelatih pasti punya reaksi yang berbeda. Saya menghormati pernyataan pelatih Indonesia [Shin Tae Yong], tapi kami menang setelah mengontrol pertandingan dan tampil bagus, bukan karena seperti yang dia bilang [dibantu wasit],” ujar Casas dikutip dari Kooora.

Kontroversi gol kedua Irak terjadi setelah beberapa detik sebelum gol Rashid tercipta, terdapat momen Mohanad Ali dalam posisi offside ketika kiper Indonesia Ernando Ari melakukan penyelamatan gemilang.

Wasit Tantashev tetap mengesahkan gol berdasarkan keputusan wasit VAR yang dipimpin Salman Falahi (Qatar) dan Sivakorn Pu-Udom (Thailand).

Kekalahan dari Irak membuat Timnas Indonesia berada di dasar klasemen Grup D Piala Asia 2023. Selanjutnya tim Garuda akan menghadapi Vietnam pada Jumat (19/1).

[Gambas:Video CNN]

(har)




Sumber: www.cnnindonesia.com