Kalahkan UEA, Tajikistan ke Perempat Final

Tajikistan yang merupakan salah satu dari enam penghuni pot 4 di Piala Asia 2023 melangkah ke perempat final usai menundukkan UEA.


Jakarta, CNN Indonesia

Tajikistan yang merupakan salah satu dari enam penghuni pot 4 di Piala Asia 2023 melangkah ke perempat final usai menundukkan Uni Emirat Arab (UEA), Minggu (28/1) malam.

Tajikistan merupakan penghuni pot 4 pada drawing fase grup Piala Asia bersama India, Thailand, Malaysia, Hong Kong dan Indonesia.

Negara peringkat 106 dunia itu menghadapi UEA yang menduduki peringkat 64. Pada menit awal UEA berusaha menekan, namun perlahan Tajikistan bisa memberi perlawanan dan berbalik memberi ancaman.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tajikistan memimpin pada menit ke-30 setelah Vahdat Hanonov membobol gawang UEA yang dijaga Khalid Elisa setelah memanfaatkan umpan dari Zoir Dzhuraboev.

UEA kemudian merespons dengan kembali menggiatkan serangan pada 10 menit akhir babak pertama. Ada peluang yang diraih UEA, salah satunya melalui Zayed Sultan, namun gagal menghasilkan gol.

Pada babak kedua pertandingan berlangsung lebih terbuka. Tajikistan dan UEA saling berbalas menyerang. Peluang demi peluang terbuang tanpa ada gol tercipta.

UEA memaksimalkan tenaga Fabio Lima, Caio Canedo, Tahnoon Al Zaabi, dan Yahya Al Ghassani untuk mencetak gol penyama kedudukan. Sementara kiper Tajikistan Rustam Yatimov tampil cukup percaya diri.

Serangan Tajikistan yang dimotori Shahron Samiev dan Alisher Dzhalilov juga gagal menghasilkan gol kedua.

Pergantian yang dilakukan pelatih Petar Segrt, yang merupakan mantan pelatih PSM, juga tak bisa membuat Tajikistan melesakkan gol kedua. 

Pada injury time babak kedua UEA mencetak gol penyama kedudukan. Tendangan bebas Ali Saleh disundul Khalifa Al Hammadi.

Skor 1-1 membuat laga berlanjut ke babak tambahan waktu 2×15 menit.

Tajikistan dan UEA berusaha mencatatkan gol kemenangan di babak tambahan, namun hingga peluit panjang berbunyi skor tidak berubah. Pertandingan pun harus ditentukan melalui adu penalti.

Pada babak adu tendangan 12 pas, seluruh eksekutor Tajikistan bisa mencetak gol. Sementara pemain UEA Caio Canedo yang menjadi eksekutor kedua gagal melaksanakan tugas. Tajikistan menang 5-3 pada babak adu penalti dan memastikan melaju ke babak perempat final.

Selanjutnya Tajikistan akan menghadapi pemenang dari laga antara Irak dan Yordania yang akan berlangsung hari ini, Senin (29/1).

Susunan Pemain Inti Tajikistan vs UEA:

Tajikistan: Yatimov; Safarov, Hanonov, Dzhuraboev, Nazarov; Mabatshoev, Shukurov, Umarbayev, Panjshanbe; Dzhalilov, Samiev.

UEA: Khalid Elisa; Zayed Sultan, Khalid Al Hashemi, Al Hamadi, Bader Nasser; Nader, Ramadan; Fabio Lima, Al Zaabi, Al Ghassani; Caio Canedo.

(nva/nva)



Sumber: www.cnnindonesia.com