Jadwal Persiapan Tim Grup D Piala Asia, Timnas Indonesia Paling Lama

Timnas Indonesia kembali tampil di Piala Asia setelah absen sejak 2007 dan ini akan menjadi fondasi nasib Shin Tae Yong di tahun yang berat.


Jakarta, CNN Indonesia

Lawan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 (2024), Jepang, Irak, dan Vietnam, juga melakukan persiapan panjang sebelum tampil dalam ajang prestisius Asia ini.

Timnas Indonesia akan menjadi tim dengan persiapan paling panjang. Rencananya tim asuhan Shin Tae Yong ini akan berkumpul di Jakarta pada Selasa (19/12).

Pemain bisa melakukan pemusatan latihan dengan durasi panjang karena Liga 1 2023/2024 diistirahatkan. Kompetisi baru akan bergulir kembali pada 4 Februari 2024.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada Rabu (20/12), Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan akan bertolak ke Turki. Skuad Garuda akan melakukan pemusatan latihan di Antalya, Turki sebelum berlaga di Piala Asia.

Selama pemusatan latihan itu diagendakan tiga laga uji coba. Timnas Indonesia dua kali melawan Libya di Turki dan sekali berhadapan dengan Irak saat berlatih di Qatar.

Adapun Jepang dijadwalkan memulai pemusatan latihan pada akhir Desember. Jika tak ada kendala, Jepang akan berlatih tanding melawan Thailand pada 1 Januari 2024.

Ini bisa dilakukan Jepang karena kompetisi profesional musim 2023 telah rampung. Pemain akan datang ke pemusatan latihan dalam kondisi bugar, setelah rehat dua pekan.

Kebetulan pula sebagian besar klub Eropa akan libur Natal dan Tahun Baru. Ini membuat pemain-pemain Jepang bisa pulang kampung untuk membela tim nasional.

Irak juga akan memulai pemusatan latihan pada awal tahun 2024. Kompetisi kasta teratas Irak saat ini sedang bergulir dan akan diliburkan mulai 30 Desember.

Rencananya Irak akan berlatih di Uni Emirat Arab mulai awal Januari 2024. Dalam pemusatan latihan tersebut diagendakan satu laga uji coba, yakni melawan Korea Selatan.

Terakhir Vietnam akan berkumpul untuk persiapan Piala Asia 2023 mulai akhir Desember. Ini dilakukan setelah kompetisi dihentikan sementara pada 27 Desember 2023.

Untuk persiapan kejuaraan Asia edisi ke-18 ini, Vietnam akan berlatih mulai awal Januari 2024. Satu laga uji coba juga dicanangkan, tetapi belum diumumkan secara resmi.

Dengan ini, Timnas Indonesia menjadi tim dengan persiapan paling panjang. Kendati demikian ini cukup wajar sebab skuad Merah Putih dianggap sebagai tim terlemah Grup D Piala Asia 2023.

[Gambas:Video CNN]

(abs/jal)



Sumber: www.cnnindonesia.com