Inggris Juara Grup C, Brasil Runner Up

Brasil menang tipis 2-1 atas Inggris pada laga ketiga grup C Piala Dunia U-17 2023 di Jakarta International Stadium (JIS), Jumat (17/11).

Jakarta, CNN Indonesia

Brasil menang tipis 2-1 atas Inggris pada laga ketiga grup C Piala Dunia U-17 2023 di Jakarta International Stadium (JIS), Jumat (17/11).

Kekalahan ini tidak mengubah posisi Inggris di puncak klasemen dengan koleksi enam poin. Tim asuhan Ryan Garry berhak lolos sebagai juara grup karena unggul selisih gol atas Brasil yang finis sebagai runner up dan Iran menempati posisi ketiga dengan sama-sama mengoleksi enam poin.

Brasil mengejutkan Inggris yang bermain dominan di babak pertama. Tim arahan Phelipe Leal membuka keunggulan 1-0 berkat gol Kaua Elias pada menit ke-43.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bola liar di kotak penalti hasil tendangan Estevao disambar Elias di dalam kotak penalti membobol gawang Inggris.

Selecao bermain lebih baik di babak kedua. Satu peluang didapat melalui tembakan jarak jauh diilepaskan Dudu yang mengarah ke gawang tetapi bisa digagalkan pada menit ke-53.

Dua menit berselang, Brasil bisa memperbesar skor menjadi 2-0. Sundulan Da Mata yang naik membantu serangan memanfaatkan umpan terukur dari sisi kiri menggetarkan gawang Inggris yang membuat skor jadi 2-0.

Inggris yang ingin mengejar defisit dua gol mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-71. Pelanggaran Pedro Lima kepada Joel Ndala membuat wasit menunjuk titik 12 pas setelah mengamai Video Assistant Referee (VAR).

Ndala sendiri yang maju sebagai eksekutor. Tendangan pemain muda Manchester City itu ke sisi kanan gawang meluncur deras meski arahnya bisa dibaca kiper Philippe Gabriel.

Pada menit ke-82, Brasil nyaris kembali menjauh di laga ini. Sundulan pemain pengganti Luighi mengarah ke gawang tetapi Setford membuat penyelamatan gemilang dengan menepis sundulan pemain Brasil tersebut.

Inggris semakin menggebu melancarkan serangan untuk bisa menyamakan kedudukan. Kerja keras dilakukan Ndala dan kawan-kawan tetapi Brasil bisa menjaga keunggulan 2-1 hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak kedua.

Susunan pemain

Inggris (4-3-3): 1-Tommy Setford; 2-Josh-Kofi Acheampong, 3-Jayden Meghoma, 5-Lakyle Samuel, 12-Harrisson Murray-Campbell; 4-Finley McAllister, 8-Michael Golding, 10-Sam Amo-Ameyaw; 9-Justin Oboavwoduo, 11-Joel Ndala, 19-Matty Warhurst

Brasil (4-5-1): 1-Philippe Gabriel; 2-Pedro Lima, 3-Vitor Reis, 4-Da Mata, 16-Joao Henrique; 7-Rayan, 8-Lucas Camilo, 10-Dudu, 18-Sidney, 20-Estevao; 9-Kaua Elias

[Gambas:Video CNN]

(jal/rhr)




Sumber: www.cnnindonesia.com