Just another website
Indeks

Indonesia Sangat Serius Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

Menteri BUMN sekaligus IOC Member di Indonesia Erick Thohir menyatakan Indonesia sangat serius menjadi tuan rumah Olimpiade 2036 di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Jakarta, CNN Indonesia

Menteri BUMN sekaligus IOC Member di Indonesia Erick Thohir menyatakan Indonesia sangat serius menjadi tuan rumah Olimpiade 2036 di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal itu ia sampaikan di sela-sela agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Bali, Rabu (16/11). Erick menegaskan Indonesia siap kembali mengajukan diri sebagai penyelenggara pesta olahraga terbesar sejagad itu.

“Indonesia sangat serius menjadi tuan rumah. Tahun 2045 kami akan merayakan 100 tahun kemerdekaan karena itu generasi emas Indonesia. Indonesia sudah sukses mengadakan G-20 dan itu alasan Indonesia bisa berkesempatan mewujudkan,” kata Erick.

Ia menyampaikan, perannya sebagai perwakilan IOC di Indonesia akan digunakan untuk melobi Presiden IOC Thomas Bach ihwal niat Indonesia sebagai calon tuan rumah Olimpiade. Selain itu dirinya akan berkoordinasi dengan Menpora RI dan Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari.

“Sebagai orang olahraga, ini menjadi kehormatan bagi saya dalam mengusung misi olahraga. Kami sudah berdiskusi dengan Thomas Bach soal rencana kami menjadi tuan rumah Olimpiade,” kata Erick.

“Tentu Thomas Bach akan menginformasikan segera. Kesuksesan Olimpiade Paris dan yang lainnya akan penting dalam aspek olahraga dan badan olahraganya. Presiden RI bilang Indonesia siap menjadi tuan rumah Olimpiade di IKN,” ia melanjutkan.

Menanggapi hal itu, Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach menyambut baik niat Indonesia yang ingin mencalonkan sebagai tuan rumah Olimpiade 2036.

“Yang bisa saya katakan adalah silakan [mengajukan tuan rumah]. Karena filosofi IOC ingin mengembangkan olahraga dan Pak Joko Widodo juga ingin berbuat itu. Olimpiade adalah alat persatuan di banyak negara,” kata Bach.

Menurut Bach, Indonesia merupakan negara yang sudah menunjukkan perdamaian dalam kehidupan sehari-hari. Ia berpendapat hal itu menjadi pendukung sebuah negara yang ingin menjadi tuan rumah Olimpiade.

“Indonesia adalah contoh yang hebat terkait harmoni dan keberagaman. Salah satu tujuan kami adalah bersatu dalam keberagaman. Indonesia sudah menyontohkan itu dalam budayanya,” ujarnya.

[Gambas:Video CNN]

(ikw/jal)






Sumber: www.cnnindonesia.com