Indonesia dan Singapura Bidding Bersama Piala Dunia U-20 2025

Kapten timnas Jerman Ilkay Gundogan titip untuk Indonesia setelah Jerman U-17 juara Piala Dunia U-17 2023.

Jakarta, CNN Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan Indonesia dan Singapura akan melakukan bidding bersama untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2025.

Kepastian itu diungkap Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (4/12), sebelum menjalani kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Saya telah memerintahkan kepada PSSI dan Kementerian Kemenpora untuk menjajaki penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di tahun 2025 dan U-17 untuk tahun 2025-2029, dan bidding bersama-sama dengan Singapura,” ujar Jokowi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Saya yakin Indonesia dan Singapura akan dapat menjadi tuan rumah yang baik untuk kedua turnamen yang tadi saya sampaikan, yaitu U-17 dan U-20. Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan dalam kesempatan ini,” ucap Jokowi.

Jokowi juga memastikan sudah ada perjanjian kerja sama antara PSSI dan Federasi Sepak Bola Singapura (FAS) untuk melakukan bidding bersama.

“Mungkin perlu saya sampaikan untuk declaration of interest yang sudah ditandatangani oleh PSSI dan oleh Football Association of Singapore [FAS], semuanya sudah,” ujar Jokowi.

Indonesia sebelumnya pernah ditunjuk FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, namun kemudian dicoret. FIFA kemudian menunjuk Argentina sebagai pengganti, dan Indonesia mendapat kesempatan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Terkait perhelatan Piala Dunia U-17 2023, Jokowi mengatakan Indonesia dinilai FIFA telah sukses menjalani peran sebagai tuan rumah.

“Alhamdulillah pada 2 Desember 2023 yang lalu telah selesai dilaksanakan World Cup untuk U-17. Telah sukses dan penyelenggaraannya sangat baik dan ini diapresiasi oleh FIFA sebagai salah satu penyelenggaraan terbaik,” ucap Jokowi.

“Pencapaian ini merupakan kebanggaan bagi seluruh rakyat Indonesia dan juga berdampak positif bagi persepsi citra Indonesia di mata dunia, dan juga mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata bagi negara kita,” kata Jokowi menambahkan.

[Gambas:Video CNN]

(har)



Sumber: www.cnnindonesia.com