H-1 Piala Asia 2023, Suporter Indonesia dan Malaysia Saling Sindir

Wakil Presiden AFF Dato Sri Francisco Kalbuadi Lay berharap laga kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 terbuka untuk penonton.


Jakarta, CNN Indonesia

Suporter Timnas Indonesia dan Malaysia terlibat saling sindir di media sosial satu hari jelang gelaran Piala Asia 2023 (2024).

Media sosial AFC, baik via Instagram maupun Twitter mulai mengunggah profil singkat para kontestan yang tampil di Piala Asia 2023, termasuk Indonesia dan Malaysia.

Instagram AFC lebih dulu mengunggah profil Indonesia yang menyebut kapten tim, Asnawi Mangkualam, sebagai bintang utama. Sementara Witan Sulaeman digadang-gadang sebagai rising star atau tunas muda yang bakal bersinar.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Persentase kemenangan Shin Tae Yong sekitar 52 persen selama menangani Timnas Indonesia pun dibeberkan. Gol spektakuler milik Widodo C Putro yang melegenda pun dibahas.

Adapun dua pemain Malaysia yang disorot adalah La’Vere Corbin-Ong dan Arif Aiman. Begitu pula dengan persentase kemenangan Kim Pan Gon yang mencapai 72 persen selama melatih Malaysia.

Tak pelak, kolom komentar Instagram AFC dibanjiri komentar. Kedua penggemar tampak saling memberikan sindiran.

“Ada salah satu negara yang full naturalisasi asal Belanda level A katanya tapi kena bantai Libya,” tulis salah satu netizen asal Malaysia.

“Malaysia beraninya cuma lawan kepulauan Solomon, Papua Nugini, dan Laos. Bagaimana bisa winrate 72 persen. Indonesia kalau pilih lawan mudah kayak gitu juga pasti bisa winrate 80 persen,” timpal netizen Indonesia.

[Gambas:Instagram]

Tak berhenti sampai di situ, netizen Malaysia membahas laga Timnas Indonesia vs Filipina yang berakhir imbang 1-1 di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

“Filipina lawan muda bang kok bisa-bisanya seri doang,” balas netizen Malaysia.

“Karena kandang Filipina pakai rumput sintetis bro, bukan rumput asli. Kocak luh bro,” jawab netizen Indonesia.

[Gambas:Instagram]

Persaingan Indonesia dan Malaysia di ASEAN memang terbilang panas. Duel kedua tim kerap dibumbui debat antarsuporter di media sosial. Bentrok suporter pun pernah mewarnai pertemuan kedua tim di turnamen Piala AFF.

Kali ini, Indonesia dan Malaysia tergabung di grup yang berbeda. Indonesia berada di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam sementara Malaysia akan bersaing dengan Korea Selatan, Bahrain, dan Yordania di Grup E.

[Gambas:Video CNN]

(jun)



Sumber: www.cnnindonesia.com