Erick Thohir Buka-bukaan Soal Perekrutan Pemain Diaspora di Timnas

Calon pemain naturalisasi Ragnar Oratmangoen bertemu Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan menyatakan siap membela Timnas Indonesia.


Jakarta, CNN Indonesia

Ketua Umum PSSI Erick Thohir buka-bukaan soal perekrutan besar-besaran pemain diaspora di Timnas Indonesia.

Erick ingin membuka pintu gerbang naturalisasi seluas-luasnya demi memberi kesempatan pemain diaspora yang ingin memperkuat Timnas Indonesia.

“Siapapun yang punya darah Indonesia dan ingin memperkuat serta mengibarkan bendera merah putih membela tim nasional harus kita buka sebanyak-banyaknya,” kata Erick di akun Instagram, Sabtu (16/12).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Beberapa tahun belakangan, PSSI semakin gencar melakukan naturalisasi pemain. Ini tak lepas dari berbagai ajang yang diikuti skuad Garuda.

Tahun ini saja sudah ada empat pemain naturalisasi yang sah memperkuat Timnas Indonesia. Mereka adalah Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Justin Hubner.

Sebelumnya, PSSI juga melakukan naturalisasi terhadap dua pemain yaitu Jordi Amat dan Sandy Walsh. Masih ada dua nama lagi yang segera menyusul dalam waktu dekat yakni Jay Idzes dan Nathan Tjoe A On.

[Gambas:Video CNN]

Deretan nama tersebut belum merupakan garis finis upaya PSSI untuk menaturalisasi pemain. Sebab masih ada nama Ragnar Oratmangoen, Maarten Paes, hingga Kevin Diks yang dikabarkan masuk radar naturalisasi.

Erick berpendapat, persaingan kompetisi internasional yang semakin sengit jadi alasan membuka kesempatan bagi pemain manapun yang punya ikatan dengan Indonesia untuk ikut membela skuad Garuda.

Di satu sisi, Erick memastikan proses seleksi pemain dilakukan transparan berdasarkan kualitas dan rekomendasi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong.

“Persaingan sepak bola makin tinggi dan alhamdulilah dengan transformasi yang sudah kita lakukan anak-anak bangsa percaya tim nasional ini seleksinya bersih dan terbuka,” ujarnya.

(ikw/sry)



Sumber: www.cnnindonesia.com