Efek Megawati, Kuota Asia Liga Voli Korea Ditambah Jadi 65 Negara

KOVO memutuskan menambah jumlah negara yang bisa masuk kuota pemain Asia di Liga Voli Korea pada musim depan.


Jakarta, CNN Indonesia

Dewan Direktur Federasi Bola Voli Korea (KOVO) memutuskan menambah jumlah negara yang bisa masuk kuota pemain Asia di Liga Voli Korea pada musim depan setelah Megawati Hangestri Pertiwi dan sejumlah pemain Asia lain tampil apik pada musim ini.

Kuota Asia atau Asia Quarter jadi ‘barang’ baru di Liga Voli Korea musim ini. Pada musim sebelumnya Liga Voli Korea hanya memberlakukan satu pemain asing. Dengan kuota Asia, pemain Asing yang bisa dipakai setiap klub di Liga Voli Korea adalah dua orang.

Saat ini hanya 10 negara Asia di mana pemainnya bisa tampil di Liga Voli Korea musim ini. Sedangkan untuk musim depan KOVO menambah jumlah negara menjadi 65.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kuota Asia yang ada saat ini berasal dari empat negara Asia Timur [Jepang, Mongolia, Taiwan, Hong Kong] dan enam negara Asia Tenggara [Thailand, Filipina, Indonesia, Vietnam, Malaysia, Myanmar], total 10 negara,” kata KOVO dikutip dari Naver.

“Tetapi mulai musim depan, akan diputuskan memilih dari 65 negara anggota yang terdaftar di Konfederasi Bola Voli Asia [AVC],” ucap KOVO menambahkan.

Pada musim ini sebanyak 14 pemain Asia memperkuat 14 klub di kategori putra dan putri Liga Voli Korea, termasuk opposite hitter Timnas Voli Putri Indonesia Megawati Hangestri Pertiwi bersama Jung Kwan Jang Red Sparks.

Dalam laporan itu disebutkan, kuota Asia diperkenalkan pada musim ini guna memberikan keseimbangan kekuatan di liga dan meningkatkan penampilan.

Kehadiran pemain-pemain Asia tersebut dianggap memberikan warna baru untuk Liga Voli Korea. Peran pemain Asia ini pun dilaporkan melebihi harapan. Secara khusus, penampilan pemain-pemain asing Asia diklaim mempunyai kualitas setara pemain asing yang sudah ada.

Megawati jadi salah satu bukti pemain asing Asia yang bisa bersaing dengan pemain asing dari luar Asia. Pada putaran pertama, Megawati terpilih sebagai most valiable player (MVP) putaran pertama.

Dalam jajaran top skor, nama Megawati menempati posisi kelima klasemen sementara dengan koleksi 377 poin. Megatron, julukan Megawati, juga memiliki persentase serangan kelima terbaik dengan 42,91 persen. Dalam aspek servis, torehan Megawati 0,24 servis per set ada di peringkat keempat.

Pemain 24 tahun tersebut juga punya catatan keberhasilan dalam oppen attack 41,65 persen yang menempati peringkat ketiga.

Selain megawati, setter timnas voli putri Thailand Pornpun Guedpard ada di peringkat kelima dalam hal tos atau menciptakan set dengan 9,86 per set.

Middle blocker yang juga outside hitter AI Peppers berdarah Filipina-Amerika, Mar-Jana Phillips di peringkat pertama aspek move attack dengan keberhasilan 100 persen.

Liga Voli Korea 2024/2025 juga sudah diputuskan, akan dimulai pada 19 Oktober tahun depan sampai dengan 9 April 2025.

Kategori putra dan putri masing-masing memiliki enam putaran dengan dimulai pada pukul 19:00 waktu setempat pada hari kerja. Sedangkan pada akhir pekan kategori putra dimulai pada pukul 14:00 dan putri pada pukul 16:00 waktu setempat.

[Gambas:Video CNN]

(sry/jal)



Sumber: www.cnnindonesia.com