Digebuk Uzbekistan, Thailand Tersingkir di 16 Besar

Thailand tersingkir dari Piala Asia 2023 setelah kalah 1-2 dari Uzbekistan pada babak 16 besar yang berlangsung di Stadion Al Janoub, Selasa (30/1).


Jakarta, CNN Indonesia

Thailand tersingkir dari Piala Asia 2023 setelah kalah 1-2 dari Uzbekistan pada babak 16 besar yang berlangsung di Stadion Al Janoub, Selasa (30/1).

Uzbekistan langsung tancap gas melancarkan serangan sejak kickoff. Situasi tersebut memaksa tim Gajah Perang lebih fokus bertahan.

Pertahanan solid Thailand pun akhir runtuh di menit ke-37 berkat gol cantik Azizbek Turgunboev. Pemain nomor 19 tersebut lebih dulu menahan bola dengan dada di kotak penalti sebelum melepaskan tendangan first time.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Keunggulan Uzbekistan 1-0 atas Thailand bertahan hingga jeda pertandingan.

Memasuki babak kedua, Thailand mencoba mengambil inisiatif menyerang. Supachai Jaided dkk bahkan mulai atraktif menekan di daerah pertahanan lawan.

Gol yang dinanti Thailand akhirnya tercipta di menit ke-58 lewat kerja sama apik Jaided dan Supachok Sarachat. Tembakan terukur Sarachat bersarang di pojok kanan gawang untuk mengubah skor jadi 1-1.

Dua menit berselang, Thailand nyaris membuat kejutan melalui Suphanat Muenta. Sayang tembakan Muenta dari luar kotak penalti mengarah ke tengah gawang sehingga mudah diantisipasi kiper Utkir Yusupov.

Akan tetapi, Uzbekistan berhasil mencetak gol balasan lewat sepakan terukur Abbosbek Fayzullayev pada menit ke-65.

Thailand terus berupaya untuk mencetak gol balasan hingga menit-menit akhir. Sundulan Elias Dolah nyaris mengubah skor namun masih melambung tipis di atas mistar gawang. Tak ada gol tambahan yang tercipta hingga laga usai.

Hasil ini membuat Thailand tersingkir dari babak 16 besar. Tak ada lagi wakil ASEAN yang tersisa setelah sebelumnya Indonesia kalah 0-4 dari Australia, Minggu (28/1).

[Gambas:Video CNN]

(jun)




Sumber: www.cnnindonesia.com