Daftar 9 Eks Pemain Timnas Indonesia Nyaleg di Pemilu 2024

Berikut sembilan eks pemain Timnas Indonesia yang ikut nyaleg pada Pemilu 2024.
Jakarta, CNN Indonesia

Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 menghadirkan beberapa nama beken dari kalangan pesepakbola yang ikut nyaleg. Berikut sembilan eks pemain Timnas Indonesia yang ikut nyaleg pada Pemilu 2024.

Pesta demokrasi Indonesia akan berlangsung pada Februari 2024. Hanya berselang tiga bulan, nama-nama calon wakil rakyat bermunculan ke permukaan.

Selain Pilpres 2024, nantinya akan ada pemilihan anggota legislatif. Dari sekian banyak kandidat, terselip nama caleg yang sempat membela Timnas Indonesia.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Status eks pemain Timnas Indonesia bisa jadi pendukung mereka yang memilih sebagai politikus. Isu olahraga juga dapat digunakan sebagai misi yang diusung oleh para mantan penggawa skuad Garuda.

Hal ini jadi topik menarik jelang Pemilu 2024. Berikut sembilan eks pemain Timnas Indonesia yang ikut nyaleg di Pemilu 2024.

1. Aris Budi Prasetyo

Aris Budi Prasetyo adalah mantan pemain Timnas Indonesia pada era 1990-an hingga 2000-an. Ia hampir dipanggil ke skuad Piala Asia 2007 tapi cedera membuatnya gagal jadi bagian dari tim asuhan Ivan Kolev.

Karier di klub juga terbilang mentereng. Bersama Petrokimia Putra pernah menjuarai Liga Indonesia 2002, lalu dengan Arema Malang menyabet trofi Copa Dji Sam Soe 2005 dan 2006, lalu pernah tampil di Liga Champions Asia 2007 bersama Persik Kediri.

Setelah pensiun, Aris kembali ke kota kelahirannya, Pasuruan, untuk berpentas di panggung politik sebagai Caleg DPRD Kabupaten Pasuruan sejak 2014 dari partai PAN. Sempat menang di Pemilu 2019, Aris kembali maju sebagai caleg Pemilu 2024 di Pasuruan.




2. Ardan Aras

Mantan bek Timnas Indonesia Ardan Aras memilih terjun ke dunia politik setelah memutuskan pensiun sebagai pemain.

Ardan Aras mengawali kariernya bersama Persim Maros pada 2002. Ia pernah berseragam tim-tim besar seperti PSM Makassar, Pelita Jaya, Barito Putera, PSS Sleman, lalu terakhir membela Persijap Jepara pada musim 2021/2022.

Pemain yang pernah membela Timnas Indonesia di Asian Games 2006 itu maju sebagai caleg DPRD Kabupaten Polewali Mandar dari partai PAN.

3. Kurnia Sandy

Kurnia Sandy adalah satu kiper kenamaan di Timnas Indonesia. Ia jadi salah satu pemain penting di bawah mistar gawang medio 90-an.

Salah satu yang jadi sorotan adalah saat Kurnia Sandy berseragam klub Serie A, Sampdoria pada 1996/1997 lalu. Sayangnya ia gagal debut karena urusan administrasi.

Setelah pensiun, Sandy sempat jadi pelatih kiper Timnas Indonesia pada 2018 lalu dan kini maju sebagai caleg DPRD Kabupaten Sidoarjo dari partai PAN.

4. Markus Horison

Markus Horison adalah salah satu kiper legendaris Timnas Indonesia. Ia menjaga gawang tim utama skuad Garuda pada 2007 hingga 2012.

Selama berkarier profesional, kiper berpostur 189 cm itu kerap pindah ke berbagai klub besar seperti PSMS Medan, Persib Bandung, Arema Indonesia, hingga PSM Makassar. Ia juga sempat jadi pelatih kiper Timnas Indonesia U-16.

Markus kemudian terjun ke dunia politik. Ia jadi caleg DPRD Kota Bandung dari PDIP dalam Pemilu 2024.

Bersambung ke halaman berikutnya…




Sumber: www.cnnindonesia.com