China Bisa Lolos 16 Besar Walau Tak Cetak Gol di Fase Grup

Grup A Piala Asia telah melangsungkan dua pertandingan dan masih minim gol. Hanya Qatar yang bisa mencetak gol di grup ini.


Jakarta, CNN Indonesia

Momen unik bisa terjadi di grup A Piala Asia yaitu China bisa memastikan diri lolos ke 16 besar tanpa mencetak satu gol pun di fase grup.

Pada hari Senin (22/1) bakal digelar laga terakhir grup A. China akan menghadapi tuan rumah Qatar sedangkan Tajikistan bakal berjumpa Lebanon. Qatar sudah memastikan diri lolos dengan koleksi enam poin, China memiliki dua poin sedangkan Tajikistan dan Lebanon sama-sama mengantongi satu angka.

China meraih dua poin di tangan hasil dua kali imbang tanpa gol lawan Tajikistan dan Lebanon. Di laga terakhir, China bisa memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Asia walau kembali gagal mencetak gol.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Syaratnya, China kembali bermain imbang 0-0 lawan tuan rumah Qatar. Sedangkan di laga lainnya, Lebanon vs Tajikistan juga berakhir imbang.

Bila skenario itu yang terjadi, China ada di peringkat kedua dengan koleksi tiga poin hasil dari tiga kali imbang. China unggul satu angka atas Tajikistan dan Lebanon yang sama-sama punya satu poin. China pun bisa lolos ke babak 16 besar tanpa sekalipun mencetak gol.

Di Grup A tercatat hanya Qatar yang sudah mencetak gol. Sementara China, Tajikistan, dan Lebanon masih belum bisa menyarangkan bola ke gawang lawan.

China sendiri masih memburu trofi pertama di Piala Asia. Sejak ikut serta pada 1976, prestasi terbaik China adalah runner up yang mereka dapat di edisi 2004 ketika jadi tuan rumah.

Sedangkan pada dua edisi terakhir, China selalu terhenti di babak perempat final. Lima tahun lalu, China kalah dengan skor telak 0-3 ketika menghadapi Iran di babak delapan besar.

[Gambas:Video CNN]

(ptr/nva)




Sumber: www.cnnindonesia.com