Cara Timnas Indonesia Tampil di Olimpiade Paris 2024


Jakarta, CNN Indonesia

Timnas Indonesia U-23 masih punya peluang tampil di Olimpiade Paris 2024. Berikut caranya.

Timnas Indonesia berhasil lolos ke Piala Asia U-23. Turnamen yang digelar mulai 15 April itu yang nantinya bakal jadi ajang kualifikasi menuju Olimpiade Paris 2024.

Timnas Indonesia tergabung di grup A bersama Qatar, Australia, dan Yordania. Dari kekuatan di atas kertas, Timnas Indonesia bakal bertemu tim-tim yang punya karakter kuat di dunia sepak bola.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun peluang Timnas Indonesia untuk bisa bersaing dan lolos ke Olimpiade Paris 2024 tetap ada. Caranya, Timnas Indonesia harus lebih dulu jadi tim penghuni dua besar di akhir fase grup.

Kuota lolos langsung untuk wakil Asia adalah tiga negara. Setelah lolos ke fase knock out, Piala Asia U-23 langsung memanggungkan laga perempat final.

Hal itu berarti Timnas Indonesia harus bisa lolos ke partai final Piala Asia U-23 untuk langsung mengunci tiket ke Paris 2024. Bila kalah di babak semifinal, Timnas Indonesia juga bisa merebut tiket ke Olimpiade dengan cara memenangkan duel perebutan tempat ketiga.

Jika Timnas Indonesia U-23 kalah di babak semifinal, masih ada peluang terakhir untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024. Caranya adalah lewat babak playoff lawan wakil Afrika.

Indonesia sejatinya punya banyak pemain berpengalaman dengan usia di bawah 23 tahun. Pratama Arhan, Elkan Baggott, Marselino Ferdinan, Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Rafael Struick adalah nama-nama pemain di bawah usia 23 tahun yang masih bisa bermain di Piala Asia U-23.

Namun tantangan utama adalah mendapatkan izin dari klub tempat mereka bernaung karena Piala Asia U-23 tidak masuk dalam agenda FIFA sehingga klub tidak berkewajiban melepas pemain.

[Gambas:Video CNN]

(ptr)



Sumber: www.cnnindonesia.com