Bukan Cuma Asia, Sepak Bola Indonesia Bisa Mendunia

Presiden FIFA Gianni Infantino meyakini sepak bola punya kemampuan untuk menjadi salah satu yang terbaik di dunia.
Jakarta, CNN Indonesia

Presiden FIFA Gianni Infantino meyakini sepak bola punya kemampuan untuk menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

Hal itu diungkapkan Infantino usai menerima penghargaan Bintang Jasa Pratama dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Jumat (10/11).

Infantino menyebut Indonesia merupakan negara sepak bola. Pria asal Swiss berdarah Italia itu mengatakan keputusan FIFA membuka kantor di Jakarta dan menggelar Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia karena menyakini dengan kemampuan sepak bola Indonesia.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kami hadir bukan sekedar untuk bermain dan menikmati para pemain muda terbaik dunia atau Piala Dunia FIFA U-17 yang dimulai hari ini, pertama kalinya di Indonesia, namun untuk mengembangkan permainan dan memastikan bahwa Indonesia akan ikut serta. masa depan salah satu negara sepakbola terkemuka. Tidak hanya di Asia Tenggara, tapi di seluruh Asia dan dunia,” ujar Infantino.

“Anda [Indonesia] punya kapasitas, Anda punya ukuran, Anda punya gairah. Dan itu akan menjadi tugas dan tanggung jawab kita untuk bekerja sama. Dengan pemerintah bersama dengan Federasi [PSSI] untuk membuat sepak bola berkembang, dan orang-orang semakin jatuh cinta dengan sepak bola di negara yang indah ini,” kata Infantino menambahkan.

Infantino mengatakan keputusannya untuk mengunjungi Indonesia sebanyak tiga kali dalam satu tahun terakhir membuktikan FIFA menganggap serius sepak bola Indonesia.




“Ini ketiga kalinya saya berada di Indonesia dalam waktu kurang lebih setahun. Ini mungkin negara yang cukup unik yang paling sering saya kunjungi dalam waktu singkat. Kami juga membuka kantor di sini di Jakarta, dan ini akan jadi jantung untuk wilayah ini. Ini adalah negara yang penting,” ujar Infantino.

Lebih lanjut Infantino yakin Indonesia bisa memiliki peran yang penting di dunia, bukan hanya soal sepak bola.

“Indonesia adalah negara yang penting di Asia Tenggara. Presiden Joko Widodo dihormati di mana-mana atas apa yang telah dia lakukan. Sepak bola olahraga nomor satu di Indonesia, tapi penting bagi Indonesia tidak hanya fokus pada sepak bola, tapi juga memainkan peran utama di Asia dan dunia,” ucap Infantino.

[Gambas:Video CNN]

(dhf/har)




Sumber: www.cnnindonesia.com