Buang Poin, Kaki Terlindas, Juara Dunia

Pecco Bagnaia menjalani musim yang penuh tantangan di MotoGP 2023. Namun pada akhirnya ia sukses mengunci gelar juara dunia.

Jakarta, CNN Indonesia

Pecco Bagnaia menjalani musim yang penuh tantangan di MotoGP 2023. Namun pada akhirnya ia sukses mengunci gelar juara dunia.

Datang dengan status juara bertahan, Bagnaia jadi pembalap yang difavoritkan memenangkan gelar juara dunia MotoGP 2023. Terlebih motor Ducati makin tangguh di berbagai sirkuit.

Namun yang terjadi di awal musim, Bagnaia justru seolah-olah buang-buang poin. Di lima seri awal, Bagnaia dua kali menang di Portugal dan Spanyol, serta dua kali menjadi yang tercepat pada sesi sprint race di Portugal dan Amerika Serikat.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun Bagnaia hanya unggul satu angka atas Marco Bezzecchi selepas MotoGP Prancis. Pasalnya, Bagnaia dua kali kecelakaan dan gagal finis di Amerika Serikat dan Prancis serta satu kali finis di luar 15 besar di Argentina.

Sejumlah kesalahan yang dilakukan Bagnaia membuat persaingan di MotoGP 2023 terlihat ketat. Padahal bila Bagnaia bisa tampil normal, pembalap Italia itu kemungkinan besar sudah melesat jauh meninggalkan lawan-lawannya.

Setelah momen itu, penampilan Bagnaia jauh lebih baik. Ia bisa tiga kali menang dan dua kali jadi runner up dalam lima seri berikutnya. Bagnaia pun kemudian bisa menciptakan selisih 62 poin atas Jorge Martin selepas MotoGP Austria.

Dalam kondisi bagus itu, Bagnaia mengalami musibah. Kaki Bagnaia terlindas oleh Brad Binder.

Saat itu Bagnaia mengalami highside dan ia mash terjatuh di tengah lintasan. Brad Binder tak punya waktu untuk menghindar karena jaraknya sudah terlalu dekat.

Walaupun mendapat insiden tragis, Bagnaia ternyata tak absen panjang. Ia langsung bisa beraksi di MotoGP San Marino pekan berikutnya lantaran kondisi kakinya baik-baik saja dan terhindar dari cedera serius.

Setelah momen itu, Bagnaia terus berjuang menghadapi Jorge Martin sebagai musuh utama. Posisi puncak klasemen sempat diambil alih sesaat oleh Jorge Martin usai sprint race MotoGP Mandalika.

Namun Pecco Bagnaia bisa berbalik merebut puncak klasemen dan mengamankan status juara dunia di akhir musim.

[Gambas:Video CNN]

(ptr/har)




Sumber: www.cnnindonesia.com